Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Hati-Hati! Ambisi Kurus Jadi Penyebab Anoreksia

By on February 17, 2013
anoreksia

Apa kamu punya ambisi untuk punya badan sekurus barbie? Kalau iya, hati-hati keinginan itu bisa jadi penyebab anoreksia. Menurut Wikipedia, anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan mempertahankan berat badan yang sehat. Anoreksia merupakan semacam penyakit yang diderita oleh orang yang terobsesi untuk kurus. Sebenarnya, anoreksia hanyalah penyakit ringan. Namun, jika dibiarkan, anoreksia akan menjadi penyakit serius. Bahkan, menyebabkan kematian.

Baca juga : Tampil Cantik Meksi Pipi Tembem

  • Gejala. Salah satu gejala dan penyebab anoreksia adalah perasaan gemuk meskipun tubuh mereka sudah sangat kurus. Mereka juga selalu menghitung kalori yang masuk ke tubuh, secara berlebihan. Mereka dihinggapi rasa takut yang amat sangat dengan kegemukan. Penderita anoreksia melakukan olahraga terus menerus. Dan, pada tingkat yang lebih tinggi, akan sering menyembunyikan atau membuang makanan dengan sengaja.
  • Penyebab. Anoreksia biasanya menyerang remaja, atau dewasa muda, dengan tingkat sosial menengah ke atas. Banyak faktor yang menyebabkan anoreksia. Faktor genetik juga berperan dalam hal ini. Jika orangtuanya mengidap anoreksia, ada kemungkinan akan diturunkan pada anak. Teman sebaya atau orang-orang terdekat juga berkontribusi untuk memicu anoreksia. Penyebab lain adalah faktor emosional dan konflik, seperti perceraian dan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan.
  • Cara Mencegah. Tanamkan pada diri sendiri bahwa makan dan olahraga adalah hal yang sangat penting, untuk menjaga kesehatan, bukan untuk memiliki tubuh sempurna. Anoreksia mudah menyerang remaja, terutama perempuan. Jika mulai merasa gemuk, perhatikanlah asupan makanan, jangan mengurangi makan secara ekstrim. Hindari terobsesi menjadi sekurus model atau selangsing Barbie. Mereka tidak sesempurna yang dibayangkan, kok.
  • Pengobatan. Bila sudah mengidap anoreksia, pengobatannya harus melalui bantuan rumah sakit. Pihak medis akan membantu penderita mengembalikan berat badannya kembali ke normal. Caranya dengan memberikan makanan melalui infus. Setelah berat badannya normal, psikolog akan memainkan peran memberikan psikoterapi pada penderita.

Disadari atau tidak, anoreksia menjadi penyakit yang harus disembuhkan. Setelah membaca bahaya tentang anoreksia di atas, apakah kamu masih berambisi menjadi sangat kurus? Hati-hati! Ambisi itu bisa jadi penyebab anoreksia.

 

About nunikutami


Artikel Hati-Hati! Ambisi Kurus Jadi Penyebab Anoreksia

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>