Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Makanan Enak Peredam Stress

By on August 20, 2013
5 makanan penghilang stress

Merasa mudah lelah saat menjalani aktivitas? Atau, sering berada di bawah tekanan? Bisa jadi kamu mengalami stress. Pekerjaan yang menumpuk dan jalanan macet juga bisa memicu stress. Jangan biarkan keadaan tersebut berlarut-larut. Sebab, stress berkepanjangan dapat berujung pada depresi.

Ketika tanda-tanda stress mulai muncul, cobalah mengonsumsi makanan enak ini.

  • Yoghurt. Serotonin adalah zat yang dapat menimbulkan rasa bahagia. Saat mengalami stress berlebihan, tubuh akan menggunakan serotonin lebih banyak untuk menetralisir keadaan. Yoghurt dapat meningkatkan kandungan serotonin. Sehingga, dapat menurunkan stress dan membuat kita lebih tenang. Konsumsilah yoghurt secara teratur agar stress enggan menghampiri.
  • Blueberry. Memang tidak terlalu mudah mendapatkan buah yang satu ini di negara kita. Tapi, jangan ragu mencarinya di supermarket tertentu, untuk mendapatkan manfaatnya. Blueberry sangat kaya antioksidan dan vitamin C. Karena itu, berfungsi sebagai suplemen alami tubuh. Serat yang terkandung membuat blueberry membantu tubuh mengatur gula darah. Inilah yang menyebabkan buah ini mampu mengatasi stress.
  • Gandum. Stress menyebabkan serotonin cepat habis. Padahal, zat ini membuat kita merasa tenang, sejuk, dan mampu mengendalikan diri. Serotonin dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan asupan karbohidrat. Dan, untuk memperlancar produksi serotonin, sebaiknya mengonsumsi makanan kaya serat. Contohnya, gandum. Makanan yang satu ini akan memperlambat pencernaan, yang membuat kadar serotonin cenderung stabil. Selanjutnya, gandum akan mencegah naiknya gula darah. Seperti yang telah diketahui bersama, gula darah adalah pemicu bad mood.
  • Almond. Kacang almond terkenal karena kelezatannya. Khasiatnya, sudah tidak diragukan lagi. Menurunkan risiko jantung, mencegah kanker, ampuh untuk diet. Juga, cepat mengenyangkan, menjaga kestabilan liver, dan memperlancar peredaran darah. Masih banyak lagi khasiat dari kacang ini. Satu hal lagi, dengan rutin mengonsumsi kacang almond, kita akan mendapat manfaat vitamin E-nya. Nah, vitamin E inilah yang membuat tubuh memproduksi hormon antistress.
  • Cokelat. Siapa sih, yang tidak suka cokelat? Cokelat menimbulkan rasa bahagia setelah dikonsumsi. Lagi-lagi ini adalah peran serotonin yang terkandung di dalam cokelat. Rasa bahagia ini masih ditambah dengan perasaan seperti jatuh cinta. Sebab, cokelat mengandung phenetylamine, zat yang dapat membuat kita selalu merasa jatuh cinta.
  • Ikan Salmon. Zat peredam stress bukan hanya serotonin. Zat lain yang juga ampuh untuk menenangkan diri adalah triptofan. Satu filet ikan salmon mengandung triptofan tinggi yang cukup untuk kebutuhan tubuh selama sehari. Kelezatan sepotong ikan salmon, sebanding dengan manfaat yang didapat. Jadi, mulailah mengonsumsi secara rutin.

Pilih makanan-makanan enak ini untuk mengusir stress, yuk!

About nunikutami


Artikel 5 Makanan Enak Peredam Stress

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>