Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Bebaskan Diri dari Radikal Bebas

By Caring Lova on November 12, 2011

CaringLova,

Dewasa ini, banyak sekali penyakit yang timbul akibat radikal bebas, seperti asma, jantung sampai kanker. Bagi tubuh manusia, radikal bebas sangatlah buruk karena merusak sel-sel yang ada dalam tubuh. Dari mana radikal bebas itu datang?

Banyak sekali. Diantaranya dari asap pabrik, asap mobil, makanan siap saji dan sinar ultraviolet. Jika kita terpapar radikal bebas dalam waktu lama dan terus-menerus, maka penyakit seperti disebutkan di atas akan muncul.

Menimbang bahayanya radikal bebas, seyogyanya kita menghindarkan diri. Caranya?

Berikut adalah beberapa cara untuk terlindung dari radikal bebas:

  1. Hindari tempat-tempat yang banyak menciptakan radikal bebas, seperti pabrik, jalan- jalan serta tempat yang banyak menggunakan bahan mengandung asbes.
  2. Hindari merokok. Paparan asap rokok secara terus-menerus bukan hanya akan merugikan perokok itu sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar mereka (perokok pasif). Paparan nikotin akan menimbulkan gangguan pernapasan dan kanker.
  3. Gunakan masker. Jika tidak memungkinkan menghindari tempat-tempat yang banyak mengandung radikal bebas, maka gunakan masker guna mengurangi kemungkinan terpapar radikal bebas.
  4. Hindari makanan siap saji. Fast food dipercaya mengandung asam lemak jenuh yang dapat menghasilkan radikal bebas.
  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah-buahan dan sayur. Jika memungkinkan, dapat mengkonsumsi supplemen yang bersifat antioksidan, seperti vitamin C, asthaxantin, vitamin A, dan beta karoten.
  6. Gunakan pelindung kulit. Sinar ultraviolet dapat merusak kulit kita. Gangguan pada kulit bisa dimulai dari kemerahan sampai yang terparah yaitu kanker kulit. Untuk melindungi kulit, kita dapat memberikan lotion, foundation dan bedak yang mengandung SPF. Contoh dari beberapa produk yang mengandung SPF adalah UV White Whitening Foundation, UV White Microfine Loose Powder dan UV white duo function cake yang keseluruhannya telah disajikan Caring Colours. Produk-produk tersebut dapat digunakan sehari-hari.
  7. Tanami bumi dengan tanaman. Tanaman dipercaya dapat bersifat sebagai penyaring udara yang penuh radikal bebas. Ini tentunya sangat bermanfaat sekali terutama di daerah perkotaan yang penuh polusi. Tanaman dapat bersifat sebagai paru-paru kota.
  8. Hindari stress berlebih. Stress berlebih dapat menyebabkan tubuh menghasilkan radikal bebas.

Ada pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Menghindari pencetus timbulnya radikal bebas, hidup sehat dan menciptakan lingkungan hijau adalah jalan yang dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit akibat radikal bebas. Cheers!

About Caring Lova


Artikel Bebaskan Diri dari Radikal Bebas

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>