Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cermat Memilih Camilan Sehat di Kantor

By on May 12, 2013
cermat memilih camilan sehat di kantor

Camilan sehat berguna untuk mengganjal perut, agar dapat menahan lapar hingga waktu makan besar berikutnya. Namun, kadang kala camilan dapat membuat berat badan melonjak. Hal ini terjadi terutama jika kamu keasyikan bekerja. Tanpa sadar, mulut sibuk mengunyah ketika tangan dan otak sibuk bekerja.

Bagaimana, dong? Tidak mengemil sama sekali juga bukan solusi yang tepat. Sebab, jika kamu tidak mengonsumsi makanan selingan, kebutuhan akan makanan besar justru meningkat.

Untuk mensiasatinya, diperlukan kecermatan dalam memilih camilan sehat saat sedang bekerja.

  • Pilih Buah. Saat menunggu jam makan siang tiba, makanlah sepotong pepaya pada jam 10.00. Pepaya yang kaya serat dapat membuat lambungmu terasa nyaman hingga siang. Yang terpenting, buah yang satu ini tidak akan membuatmu gemuk. Tidak suka pepaya? Buah lain seperti melon, pir, dan apel, juga bisa dipilih sebagai camilan sehat.
  • Hindari Keripik dan Sebangsanya. Keripik dan snack dalam kemasan lainnya sangat berpotensi menambah berat badan. Makanan ringan ini bukan termasuk camilan sehat sebab, mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi. Apalagi, makanan-makanan ini cenderung membuatmu sulit berhenti mengunyahnya. Alih-alih membuat lambung aman, akan membuatmu memiliki banyak keluhan.
  • Hindari Minuman Manis Menjelang Makan Besar. Banyak orang yang mengganti camilan dengan teh, kopi, atau minuman manis lainnya. Boleh saja, kok. Teh dan kopi memang enak dan dapat menambah energi. Yang perlu diperhatikan, hindari mengonsumsi minuman tersebut menjelang makan siang. Rasa kenyang yang ditimbulkan dapat membuatmu kehilangan selera untuk makan makanan besar. Akibatnya, pola dan jadwal makanmu akan berantakan.
  • Salad, sebagai Alternatif Lain. Selain buah, sayur juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat di kantor. Pilihlah sayur-sayuran yang mudah didapat, seperti ketimun, tomat, dan selada. Tambahkan dressing agar rasanya lebih enak. Jangan berlebihan saat membubuhkan dressing, untuk menghindari lemak yang berlebihan pada saus tersebut.

Camilan memang penting. Tapi, ada dua sisi di baliknya. Sisi pertama, camilan sehat yang dapat membuat pola makanmu teratur dan meningkatkan kesehatan. Sisi kedua, camilan cepat saji yang dapat membuat pola makanmu berantakan dan menyebabkan berat badan melambung. Semua tergantung cermat atau tidaknya dalam memilih.

Jadi, kamu pilih mana?

About nunikutami


Artikel Cermat Memilih Camilan Sehat di Kantor

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>