Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Delapan Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Rambut Sehat dan Mengkilap

By Caring Lova on April 4, 2011

Menjaga mahkota rambut kita, susah-susah gampang. Proses kerusakan rambut biasanya bertahap. Dan ketika kerusakan itu diketahui, biasanya sudah terlampau parah.   Untuk perbaikannya, dibutuhkan waktu lama dan bertahap pula.

Sebelum   hal itu terjadi, berikut tips rambut sehat nan mengkilap. Ada delapan hal yang harus diperhatikan dalam menjaga rambut, sebagai berikut:

1.      Rambut sehat adalah rambut yang indah mengkilap secara alamiah. Oleh karena itu, para ahli menyarankan,  keramaslah setiap hari atau bahkan sehari dua kali jika  rambut seharian terkena debu dan terik panas matahari.  Bila  perlu, berikan penyegar dan penyubur rambut, setidaknya seminggu sekali.

2.      Jika rambut harus diikat, janganlah ikat selalu di tempat yang sama. Karena pengikatan di ntempat yang sama,  akan  menganggu alur pertumbuhan rambut dan membuatnya rusak.   Pindahkan itu setengah inci suatu hari, lalu turun berikutnya. Gunakan karet gelang mulus, untuk meminimalkan kerusakan.

3.      Sisir  rambut basah dari akar ke ujung  akhir.  Hati-hati saat menyisirnya,   rambut basah lebih mudah rapuh. Menarik sisir terlampau kuat  dapat menyebabkan kerusakan.  Oleh karena itu, ketika rambut basah, mulailah menyisir dari bawah, perlahan-lahan sehingga  tidak  mendorong kulit rambut terlalu keras.

4.      Sikatlah rambut agar bersinar. Yang Anda butuhkan adalah biarkan rambut  tergerai dan  menyebarkan minyak alami dari akar ke ujung. Usahakan rambut tidak terkena gesekan  yang tidak perlu, seperti gesekan  pengering rambut, sisir yang keras, dan sebagainya.

5.      Mengeringkan rambut yang basah kuyup dengan pengering rambut tidak dibenarkan. Selain  akan membuat gaya rambut Anda sulit diatur, juga  akan menyebabkan kerusakan ton panas.  Sebuah hair dryer harus digunakan pada rambut yang  lembab – tidak basah – rambut selama 20 menit. Sebelum dikeringkan, bungkus rambut dengan handuk selama lima menit, lalu biarkan rambut kering udara untuk lima menit pertama.

6.      Untuk menumbuhkan rambut sehat, kulit kepala Anda memerlukan makanan. Memijat kepala dengan ujung jari Anda akan merangsang aliran darah. Untuk perawatan ekstra, gunakan obat penguat rambut dan perawatan kulit kepala.

7.      Gunakan sikat  rambut yang benar. Sikat yang tidak benar bukan hanya dapat merusak gaya Anda, itu bisa tersangkut di rambut Anda. Untuk menciptakan volume, gunakan sikat bundar; untuk kelancaran rambut, bentuk dayung adalah yang terbaik.

8. Jangan sepelekan gangguan ketombe.  Upaya menghilangkan ketombe dengan memberikan pelembab seperti minyak rambut itu tidak benar. Sebab, ketombe sebenarnya adalah penyakit radang kulit kepala yang tidak berhubungan dengan kekeringan. Cara paling ampuh, gunakan  shampo dengan asam salisilat, zinc, selenium sulfida atau tar yang dapat menghilangkan serpih kulit rambut alias ketombe.

About Caring Lova


Artikel Delapan Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Rambut Sehat dan Mengkilap

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>