Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Fakta Menarik Di Balik Vitamin E

By Caring Lova on December 15, 2010
fakta menarik di balik vit E

Setiap wanita pasti mendambakan kulit cantik, segar, dan menawan.  Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat. Kulit yang kaya dengan vitamin, terutama vitamin E. Mengapa? Karena vitamin E merupakan salah satu vitamin antioksidan yang berfungsi melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Fungsinya mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah, mencairkan bekuan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, menguatkan dinding pembuluh darah kapiler, meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, mengurangi kadar gula darah, memperbaiki kerja insulin, serta meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Selain itu, vitamin E dapat mempengaruhi kerja hormon, mencegah degenerasi saraf penglihatan, mencegah kerusakan sel-sel saraf, meningkatkan gairah seksual, serta mempertahankan kekebalan tubuh dan menguatkan sel-sel darah putih. Vitamin E juga dikenal sebagai ‘virtility vitamin’, karena memegang peranan penting bagi kesuburan manusia.

Baca juga : Tips Kulit Sehat, Cantik dan Awet Muda

Hal menarik lain dari vitamin E adalah manfaatnya yang sangat baik bagi kulit, diantaranya adalah melindungi sel-sel kulit akibat radikal bebas, melindungi kerusakan DNA sel-sel kulit sehingga dapat mencegah terjadinya kanker kulit, meningkatkan regenerasi sel-sel kulit, dan dapat mencegah kerusakan serabut kolagen dan elastin yang memicu terjadinya kulit keriput dan kendur. Vitamin E juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, peradangan dan pembentukan jaringan parut, serta dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Karena itulah, jika vitamin E dikonsumsi secara teratur dan dioles langsung pada kulit sebelum terpapar sinar matahari, ‘kombinasi’ tersebut dapat membantu meningkatkan ‘natural sun protector’ kulit.

Maraknya produk kecantikan dengan kandungan vitamin E, perlu ditanggapi dengan cerdas dan cermat. Jangan sampai terbawa arus dan terbuai oleh promosi menggiurkan saja, karena bisa-bisa bukan hasil optimal yang memuaskan, melainkan kulit rusak. Pasalnya, tak sedikit produsen yang menekan biaya produksi dengan menggunakan kandungan vitamin E sintetis dl-alpha tocopherol. Vitamin E sintetis inilah yang justru dapat membebani sekaligus meracuni kulit, karena vitamin ini diambil dari produk minyak bumi.

Daripada hanya bergantung pada asupan vitamin E, lebih baik Kamu juga melakukan perlindungan kulit  sehat dengan memperhatikan sejumlah makanan yang perlu Kamu konsumsi.

Baca juga : 7 Makanan untuk Metabolisme

Pertama, rajin-rajinlah mengonsumsi apel, jeruk, dan whole grain cereal, karena kaya vitamin C dan E. Vitamin C juga berfungsi membentuk kolagen untuk menjaga kulit tetap kenyang dan kenyal, sedangkan vitamin E melindungi membran sel. Kalau bersinergi, keduanya bisa mencegah peradangan.

Kedua, secara teratur konsumsilah stroberi, raspberry, dan kemiri yang mengandung asam ellagic. Asam ellagic dapat melindungi serat elastis, yang bertugas menjaga struktur kulit tetap utuh, menjaga kekencangan  serta melawan enzim perusak kulit.

Tiga, konsumsilah cokelat, teh hijau, anggur, dan cranberry  yang mengandung flavonoid. Flavonoid memiliki banyak fungsi, mulai dari menahan kolagen dan elastin, yang membantu menjaga kulit tetap kenyal, hingga mencegah kanker.

About Caring Lova


Artikel Fakta Menarik Di Balik Vitamin E

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>