Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Kulit Sehat, Cantik, dan Awet Muda

By Caring Lova on February 1, 2013
42-18569255

Masalah kulit  sering menghantui kita. Benginilah risiko berada di wilayah tropis,  masalah kulit seperti tidak pernah ada habisnya.

Berikut, lima trik menghindari diri dari berbagai masalah kulit supaya kulit kamu cantik, sehat, dan awet muda.

Baca juga : 7 Makanan Sehat Untuk Metabolisme

1. Gunakan anti-aging mulai saat ini! Jangan menunggu sampai garis-garis halus muncul di pinggiran mata, karena sebenarnya kita bisa mencegah hal itu terjadi. Bahkan, menurut Francesca Fuso, MD., asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City,  perempuan yang berusia 20-an sudah mulai harus memikirkan untuk menggunakan krim wajah yang mengandung retinoid. Ini adalah zat aktif yang dapat menghindari kita dari berbagai tanda-tanda penuaan kulit.

Retinoid mengandung vitamin A yang bisa menyelamatkan kulit dari berbagai efek samping akibat paparan sinar matahari dan menjaga kolagen tetap diproduksi maksimal. Bonus lainnya yang akan dinikmati kulit adalah menjaga pori-pori kulit tetap kecil sehingga tidak membuat bakteri menyusup masuk dan menimbulkan jerawat.

2. Tidur cukup akan membuat kulit lebih bercahaya. Tahu apa yang terjadi ketika kita tidur? Tubuh meminta kelenjar minyak kita untuk aktif bekerja. Dan 14 jam kemudian, kelenjar itu akan membuat kulit tampil lebih cerah. Sebab kelenjar minyak yang diproduksi saat kita tidur lelap akan membebaskan kita dari jerawat.

3. Bebaskan diri dari stres. Penelitian yang dilakukan University of Manchester mengumumkan, saat kita stres ternyata sistem imun tubuh menurun hingga 16,4%. Hal ini membuat sel-sel kulit bekerja lebih lambat dan memicu munculnya jerawat. Jadi jika ingin terbebas dari jerawat, latihlah diri untuk lebih rileks. Atur pernapasan dengan baik, sangat efektif untuk menenangkan diri.

4. Jangan biarkan keringat menempel di kulit terlalu lama. Ingatlah bahwa setiap kali kita berkeringat, tubuh memproduksi sebum atau minyak lebih banyak. Produksi minyak ini akan menutup pori-pori dan membuat jerawat semakin mudah terbentuk.

Itu mengapa, sangat penting untuk segera mandi setelah berolahraga. Dengan begitu produksi bakteri dari keringat yang kita keluarkan, bisa diminimalisasi. Dan ingat, mandilah dengan air dingin serta pilihlah sabun yang mengandung glycolic atau salicylic acid untuk membasuh semua minyak yang ada pada keringat.

5. Perawatan wajah, bukan untuk dibuat rumit. Coba hitung berapa banyak produk perawatan wajah yang kita punya? Mulai dari pembersih wajah, cleanser, serum, pelembap, hingga krim eksfoliasi. Lalu amati lagi, apakah kita membelinya dari berbagai merek produk kecantikan? Jika iya, maka tidak heran kalau kita mengidentikan kecantikan sebagai hal yang mahal.

Padahal jika kita asal memilih produk, maka kulit semakin rentan untuk mengalami iritasi. Disarankan, kita mulai membatasi penggunaan produk perawatan wajah. Misalnya seperti sabun pembersih wajah dan krim eksfoliasi, jangan digunakan secara bersamaan. Sedangkan untuk perawatan wajah yang harus digunakan secara bersamaan seperti pelembap wajah dan foundation, beri jarak minimal 5 menit diantaranya sehingga ada waktu bagi produk tersebut untuk meresap di kulit wajah. Jika tidak,  maka kita justru menghilangkan manfaat dari produk sebelumnya.

About Caring Lova


Artikel Kulit Sehat, Cantik, dan Awet Muda

One Comment

  1. Pingback: Fakta Menarik Di Balik Vitamin E - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>