Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Mengapa Stress Bikin Gemuk?

By on September 6, 2013
stress bikin gemuk222

Stress bikin gemuk? Bukankah stress justru bikin badan semakin habis?

Ya, banyak orang yang mengeluh, ketika stress melanda, tubuh pun ikut melar. Hal ini benar dan wajar, kok. Sebab, ketik stress, kebanyakan orang sulit mengontrol asupan makanan. Pola makan sehat pun susah diterapkan. Inilah penyebab stress bikin gemuk.

Ternyata, pola makan yang berantakan bukan satu-satunya penyebab kegemukan ketika kita stress. Hormon pun berperan menaikkan berat badan saat tubuh dilanda stress. Namanya, hormon kortisol.

Pada dasarnya kortisol berperan penting bagi tubuh. Fungsinya untuk mempertahankan tekanan darah dan menghasilkan energi. Selain itu, kortisol merangsang lemak dan karbohirat agar cepat menjadi energi. Juga, merangsang pelepasan insulin dan mempertahankan kadar gula dalam darah. Dari aktivitas ini, kortisol berperan meningkatkan nafsu makan.

Kortisol dikenal sebagai hormon stress. Sebab, hormon ini meningkat karena adanya stres fisik atau psikis. Kandungan kortisol yang berlebihan pun akan sulit dikeluarkan dan terus memicu nafsu makan. Tak heran jika banyak orang mengeluh stress bikin gemuk.

Peningkatan hormon stress ini berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, tidak semua orang mengalami kenaikan berat badan ketika dilanda stress. Uniknya lagi, kortisol dapat mengatur daerah yang mengalami timbunan lemak. Sebuah studi membuktikan bahwa tempat yang paling sering dipilih oleh kortisol untuk menimbun lemak adalah daerah perut.

Lebih jauh, timbunan lemak di perut sering dikaitkan sebagai penyebab penyakit jantung dan stroke. Jika diurutkan, stress pun dianggap pemicu adanya kedua penyakit berat ini.

Meskipun demikian, hal ini dapat dicegah. Faktor yang paling utama adalah pengaturan metabolisme. Perhatikan asupan tubuh, lebih rajin berolahraga, mengontrol banyaknya makanan yang dikonsumsi, dan memperhatikan waktu makan, dapat mengatur metabolisme tubuh. Jadi, meskipun produksi kortisol sedang besar, tidak akan menambah berat badan terlalu banyak.

Sekarang, kamu tahu penyebab stress bikin gemuk, kan?

About nunikutami


Artikel Mengapa Stress Bikin Gemuk?

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>