Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Mengatasi Kulit Kering

By on February 22, 2013
kulitkering

Salah satu jenis kulit masyarakat di daerah tropis adalah kulit kering. Terkadang, kulit kering sangat mengganggu penampilan. Bagaimana tidak? Kulit kering biasanya tampak kusam, terasa kencang, bahkah mengelupas karena kehilangan kelembapan. Selain itu, kulit kering juga dapat membuat wajah cepat keriput.

Penyebab kulit kering bermacam-macam. Pertama, faktor alam, cuaca yang berubah-ubah. Sebentar terik sebentar hujan membuat kulit kekurangan cairan. Akibatnya, kulit menjadi bersisik. Kedua, faktor perawatan. Berganti-ganti kosmetik atau pemakaian kosmetik yang tidak cocok, akan membuat kulit kekurangan nutrisi.

Tapi tenang saja, ada beberapa tips untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

  • Perbanyak Minum Air Putih. Tidak bisa dipungkiri, air putih merupakan pelembap yang alami. Kalau wajah mengalami kekeringan, sudah jelas bahwa tubuh kekurangan air. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Selain itu, kurangi mengonsumsi minuman ringan. Sebab, minuman ringan hanya dapat menghilangkan rasa haus sesaat tapi tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan air.
  • Kurangi Mandi Air Hangat. Terlalu sering mandi dengan air hangat akan merusak kelembapan alami tubuh. Jika kamu terbiasa mandi air hangat pada pagi dan malam hari, mulai sekarang harus dikurangi. Mandilah dengan air hangat hanya pada malam hari. Untuk pagi hari, tetaplah mandi menggunakan air dingin yang segar.
  • Gunakan Pelembap. Gunakan pelembap wajah setiap habis mandi. Pilih pelembap wajah berbentuk krim karena memiliki kandungan minyak yang lebih banyak dibanding pelembap lotion.
  • Hindari Kosmetik Berbahan Kimia. Terlalu sering terpapar bahan kimia tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sebagai gantinya, pilih buah-buahan segar untuk merawat wajah. Lidah buaya, mentimun, dan bengkoang adalah beberapa bahan alami yang bagus untuk merawat kulit.
  • Jauhi Rokok. Inilah salah satu penyebab utama kulit kering. Menjauhi rokok, termasuk paparan asapnya (bagi perokok pasif), merupakan cara paling aman untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah.

Itulah tips-tips untuk mengatasi kulit kering. Tidak ada kata terlambat untuk melakukannya. Jadi, jangan tunda lagi.

About nunikutami


Artikel Tips Mengatasi Kulit Kering

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>