Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tren Model Baju Peplum Untuk Wanita

By on February 5, 2013
Tren Model Baju Peplum Untuk Wanita

Busana model peplum menjadi busana paling disukai pada 2012 dan masih menjadi salah satu tren model baju wanita di 2013. Banyak artis dan tokoh dunia yang mengenakan baju peplum ini. Kate Middleton dan Victoria Beckham adalah dua di antara sekian banyak tokoh yang mengenakan baju peplum. Hebatnya, baju model peplum sudah ada sejak zaman Yunani kuno, lalu menjadi tren pada 1940-an. Sebenarnya, apa sih, busana model peplum ini?

Baca juga : Mengikuti Fashion Mode, Kenapa Tidak? 

Peplum = Tunik     

Dalam bahasa Yunani, peplum diartikan sama seperti tunik. Ciri khas baju model peplum yaitu menyempit di bagian pinggang dan terdapat kain berlebih yang agak lebar. Peplum tampil bervariasi, di antaranya berupa model atasan, celana panjang atau rok yang diberi aksen tambahan, gaun, dan jaket.

Sejarah Baju Model Peplum

Baju peplum sudah ada sejak 1800-an atau pada zaman Yunani kuno. Tahun 1940-an, baju model peplum berada di puncak kejayaan. Pada saat itu, Christian Dior pertama kali merancang gaya busana ini. Setelah itu, model baju ini menghilang hingga akhirnya muncul lagi tahun 1980-an. Mode pun terus berputar. Tahun 2012, baju model peplum kembali digemari. Dan, tahun 2013 ini, model tersebut masih menjadi incaran semua kalangan.

Siapa Saja yang Cocok Mengenakan Model Peplum?

Baju model peplum membuat tubuh tampak lebih langsing. Awalnya model dianggap hanya cocok dikenakan oleh pemilik tubuh bentuk hour glass karena menonjolkan bentuk pinggang. Tapi, banyak desainer yang mengatakan,  orang yang memiliki bentuk tubuh agak berisi pun dapat mengenakannya.

Bagi si tubuh besar, pilih baju model peplum yang bagian pinggangnya terbuat dari bahan keras, agar lebih menekan pinggang. Detail peplum di bagian pinggang juga dapat menutupi bagian perut yang besar. Selain itu, mModel ini dapat menyamarkan bentuk pinggul yang terlalu kecil agar tampak lebih berisi. Alasan-alasan itulah yang menjadikan baju model peplum dapat dikenakan oleh siapa saja.

Peplum untuk si Kerudung

Baju model peplum pun dapat diterapkan pada busana muslimah. Barli Asmara adalah salah satu desainer yang menerapkannya. Alasannya, baju model peplum akan membuat busana muslim tampak lebih modern dan tidak kaku. Yuk, berpeplum ria!

About nunikutami


Artikel Tren Model Baju Peplum Untuk Wanita

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>