Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Menjadi Miss Savvy

By Caring Lova on July 14, 2011

Caringlova, diantara kesibukan kita bekerja, menapaki jenjang karir yang lebih tinggi, jangan lupakan untuk mengurus keuangan. Dan usahakan diri kita menjadi Miss Savvy, orang cerdas dalam mengelola keuangan. Maklum, untuk urusan yang satu ini, apalagi buat wanita karir yang masih single dan tak dibebani apapun, nyekolahin adik, misalnya, kecenderungan konsumtif sangatlah kuat. Terlebih bila di kantong ada kartu kredit, bawaannya ingin menggesek terus.

Nah, agar kita menjadi Miss Savvy, tips berikut layak untuk dipraktikkan sehingga kita tidak melongo di tanggal muda:

Komitmen

Kita mungkin bergaji besar, kerja di tempat bonafid, dengan bonus yang lumayan sehingga merasa aman secara finansial dan bebas menentukan pilihan hidup. Akan tetapi, ini bukan lantas berarti bahwa kita tidak perlu membuat komitmen dalam urusan keuangan. Ingat dan yakinlah bahwa dunia berputar: perusahaan bisa bangkrut dan kita kelimpungan tiba-tiba. Alhasil, merupakan hal yang penting agar kita bisa mengamankan keuangan. Cara? Gampang. Buat komitmen apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan kita. Bikinlah batasan sehingga kita tahu mana yang memang dibutuhkan dan mana yang tidak.

Menabung

Setelah disisihkan untuk keperluan bulanan, sisihkan untuk menabung. Deposito adalah satu pilihan yang baik untuk menabung. Semakin rajin kita menabung, termasuk dalam deposito, semakin banyak manfaat bisa kita petik.

Investasi. Investasi. Investasi

Dari penghasilan yang didapat, selain menabung, usahakan juga berinvestasi. Ini adalah cara untuk mensiasati perputaran uang kita. Selama kita bekerja dan menerima gaji bulanan, uang yang kita investasikan pun akan terus berputar dan menghasilkan lebih banyak pemasukan. Sekarang, pilihan untuk investasi sangat banyak, termasuk reksadana atau obligasi pemerintah. Informasinya juga tersebar luas. Bila kita rajin berinvestasi, kita akan punya dana darurat dan dana tambahan.

Tuntaskan Kewajiban

Utang seringkali tak terhindarkan dalam hidup. Bila memang terpaksa berutang untuk sesuatu yang memang sangat dibutuhkan, seperti rumah, okelah. Sebab, meminjam untuk yang semacam ini, selain diperlukan, hakikatnya juga menarik masa kepemilikan lebih cepat. Maklum, harga rumah terus melejit. Kalau kita nabung dulu, jumlahnya berkejaran dengan peningkatan harga rumah. Begitu uang terkumpul, harga sudah melambung. Yang mesti hati-hati adalah dengan kartu kredit. Tahan selalu godaan untuk menggesek. Gunakan kartu kredit untuk hal-hal yang bersifat darurat dan untuk membayar dengan cara yang sistematis. Dan bila ada tunggakan kartu kredit, cepat bayar dan lunaskan. Tunggakan ini sangat mahal dan tidak memberikan pengurangan pajak.

Nah, coba deh terapkan hal ini secara konsisten. Memang terasa susah menjadi Miss Savvy, tapi manfaatnya akan terasa!

 

About Caring Lova


Artikel Menjadi Miss Savvy

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>