Wanita Indonesia

wanita-indonesia

“Nge-Charge Baterai”, Yuk!

By Caring Lova on April 4, 2011

Kerja, kerja dan kerja. Bagi sebagian orang, itu memang menyenangkan. Tapi, hei, jangan lupakan relaksasi. Santailah sejenak. Bahkan kalau perlu “isilah baterai” kita secara berkala. Jangan hanya nge-charge baterai handphone. Tubuh kita juga perlu dialiri energi baru, lho. Maklum, tubuh manusia bukan seperti superkomputer yang dengan gampangnya tinggal menekan 3 tombol berikut: Ctrl, Alt, Del untuk me-reboot sistem tubuh. So, sebelum kepala terlalu berat dan saraf menjadi tegang, ayo, kita “nge-charge baterai”.

Banyak cara untuk melakukan hal itu. Berikut adalah 3 langkah kecil yang layak untuk dipraktikkan:

Buat mini break

Di tengah pekerjaan, cobalah untuk melepaskan sejenak dari penatnya kesibukan. Jangan takut disebut pemalas. Take a break! Tentunya dengan waktu yang proporsional, yang tidak mengganggu proses penyelesaian kerja. Beberapa pakar bahkan ada yang menyarankan untuk membebaskan diri dari pekerjaan selama 3 hari untuk setiap 3 bulan secara rutin. Apa yang dilakukan dalam mini break ini? Lakukan sesuatu yang berbeda, yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan. Kalau di tengah pekerjaan rutin, ambillah air, basuhlah muka, tarik nafas dan senyumlah.

Luangkan waktu setiap minggu.

Sesibuk apapun, selalu agendakan waktu kosong yang membebaskan diri dari pekerjaan rutin. Lakukan yang menyenangkan di luar pekerjaan. Membaca buku adalah mengisi baterai secara intelektual. Melakukan hobi dapat menyegarkan diri dari sisi emosional. Berdoa dan ibadah lainnya akan membangkitkan lagi sisi spiritual. Pokoknya, pilih yang menyenangkan. Kreatiflah! Intinya, kita harus sadar bahwa sebagai karyawan sekalipun, kita bukanlah kumpulan dari beban pekerjaan yang tiada habisnya. Kumpulan target-target numerik yang tak pernah selesai. Kita adalah human being, not a human doing.

Please, gadget free!

Anda tertidur dengan ponsel dan laptop di pembaringan? Oh, please, coba pertimbangkan lagi. Terkoneksi ke teknologi sepanjang waktu memang membuat kita tune in dengan pekerjaan, perkembangan dunia serta komunitas, juga dengan hobi di luar pekerjaan. Namun, menurut Susan Maushart, penulis buku The Winter of Our Disconnect, alangkah pentingnya seseorang membuat dirinya gadget free untuk sementara waktu agar bisa benar-benar “nge-charge baterai”, rileks.

Tiga langkah kecil ini bila dijalankan konsisten akan membantu kita kembali segar dan justru makin produktif. So, sudah merasa penat?

It’s time to mini break!

About Caring Lova


Artikel “Nge-Charge Baterai”, Yuk!

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>