Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Seimbangkah Kehidupan Kamu?

By Caring Lova on April 4, 2011

Setiap oarng yang bekerja selalu menghadapi sulitnya mengelola waktu antara kehidupan personal (keluarga) dengan kehidupan terkait dengan pekerjaan. Seberapa jauh pekerjaan “menjajah” kehidupan personal kamu? Seberapa besar keseimbangan hidup kamu antara kehidupan personal dengan kehidupan bekerja. Berikut ini adalah 15 butir pertanyaan yang bisa mengukur seberapa seimbang sesungguhnya kehidupan kamu. Kuesioner ini dikembangkan oleh Randall S. Hansen, Ph.D, seorang pakar pengembangan karir. Silahkan coba.

  1. Saya menghabiskan waktu yang semakin banyak untuk aktivitas yang terkait dengan pekerjaan kantor.
    Betul

    Salah

  2. Saya seringkali merasakan bahwa saya tidak punya waktu lagi untuk diri saya, atau untuk keluarga dan teman saya.
    Betul

    Salah

  3. Saya merasakan menit demi menit dari waktu saya setiap hari terjadwal secara ketat untuk berbagai aktivitas yang saya lakukan.
    Betul

    Salah

  4. Kadang-kadang saya kehilangan orientasi mengenai untuk apa hidup saya dan kenapa saya memilih pekerjaan/karir yang kini saya jalani.
    Betul

    Salah

  5. Saya tak ingat kapan terakhir kali saya lepas dari kesibukan pekerjaan dan menghabiskan waktu untuk kesenangan dan untuk diri saya sendiri.
    Betul

    Salah

  6. Saya merasakan stres di sebagian besar keseharian saya
    Betul

    Salah

  7. Saya tak ingat kapan terakhir kali saya menggunakan waktu libur dan waktu personal saya.
    Benar

    Salah

  8. Kadang-kadang saya merasakan bahwa saya tak punya kesempatan untuk bernafas saat saya beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya.
    True

    False

  9. Saya tak ingat kapan saya terakhir membaca membaca (menyelesaikan) buku yang murni untuk kesenangan (bukan membaca buku untuk kepentingan kerja).
    Betul

    Salah

  10. Saya berharap punya lebih banyak waktu untuk hobi dan minat tertentu yang saya sukai, tapi hal tersebut tak bisa terwujud.
    Betul

    Salah

  11. Saya seringkali merasa kelelahan, bahkan saat di awal-awal minggu.
    Betul

    False

  12. Saya tak ingat kapan terakhir kali menonton film di bioskop, mengunjungi pameran lukisan, atau aktivitas santai lain.
    Betul

    Salah

  13. Saya harus mnjalankan kesibukan pekerjaan saya karena orang lain (keluarga, rekan kerja, orang tua, etc) tergantung kepada saya.
    Betul

    Salah

  14. Saya sering tidak bisa hadir pada acara-acara penting keluarga karena ketatnya aktivitas-aktivitas yang terkait dengan pekerjaan dan tanggung jawab pekerjaan saya.
    Betul

    Salah

  15. Saya hampir selalu membawa pekerjaan kantor ke rumah.
    Betul

    salah

Scoring: Berikan pin “1” untuk setiap jawaban “Betul” kemudian jumlahkan score yang kamu peroleh untuk ke-15 butir pertanyaan di atas. Kalau score kamu 0-2 berarti kehidupan kamu terkait dengan pekerjaan masih berjalan seimbang. Jika score yang kamu peroleh 3-5 berarti keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan di titik kritis, kamu harus mulai melakukan perubahan. Jika score kamu 5 ke atas, maka kehidupan kamu tidak seimbang, kamu harus mengambil tindakan cepat untuk memperbaikinya.

About Caring Lova


Artikel Seimbangkah Kehidupan Kamu?

One Comment

  1. Pingback: 5 Tips for Better Work-Life Balance - YCPA - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>