Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Memilih Nama Anak

By Wahyu Yuliastuti on January 27, 2013
Tips Memilih Nama Anak

Kelahiran bayi mungil yang lucu pasti jadi karunia yang nggak ternilai harganya. Biasanya pasangan yang menantikan kelahiran si kecil sudah menyiapkan nama untuk bayi yang kelak lahir. Seperti kata pepatah “nama adalah doa” jadi jangan sembarangan memilih nama anak! Ada beberapa tips memilih nama anak yang bisa kamu lakukan, mulai dari rekomendasi orang-orang sekitar, buku-buku nama bayi, dan media internet.

Baca juga : Menjadi Pribada yang Matang

  • Jenis Kelamin. Langkah paling penting adalah kamu mengetahui jenis kelamin si calon bayi, apakah dia laki-laki atau perempuan. Setelah tahu jenis kelaminnya pilih nama-nama yang sesuai dengan jenis kelaminnya, nama Zaskia untuk bayi perempuan, atau nama Akbar untuk bayi laki-laki.. Soalnya nggak jarang ada beberapa nama yang ambigu, bisa dipakai untuk anak laki-laki maupun perempuan.
  • Arti atau Makna dari Nama Bayi. Nama yang kamu sematkan untuk bayi kamu adalah doa-doa dan harapan dari orang tua untuk anaknya. Pilih nama-nama yang baik maknanya dan mengandung doa untuk si jabang bayi.
  • Gaya Nama yang ingin Dipakai. Ada beberapa gaya nama yang bisa kamu pilih untuk calon bidadari kecil kam. Kamu mungkin bisa memakai tema tertentu untuk nama anak kita. Gaya Islami, kebarat-baratan, unik, tradisional, atau memadukan beberapa gaya.
  • Mudah untuk Dituliskan dan Dilafalkan. Nama yang mudah ditulis dan dilafalkan akan memudahkan orang-orang untuk mengingat nama dan menuliskan nama. Kesalahan dalam penulisan nama mungkin akan berakibat fatal untuk kedepannya.
  • Nama Keluarga. Nggak ada salahnya  menyelipkan nama keluarga di akhir nama anak kamu. Ini  juga berfungsi sebagai identitas anak. Penggunaan nama keluarga di beberapa negara seperti Jerman, Amerika, dan Belanda adalah hal yang wajib.
  • Panjang Pendeknya Nama. Nama depan anak yang terlalu panjang akan membawa ketidakseimbangan dengan nama akhir yang pendek, begitu juga sebaliknya. Nama anak yang panjang  akan sulit  dituliskan secara detail pada kartu-kartu identitas seseorang, seperti Akte Kelahiran, KTP, SIM dan Paspor.

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Tips Memilih Nama Anak

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>