Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Hati-Hati Menggunakan Gadget di Depan Anak

By on August 1, 2013
hati-hati menggunakan gadget di depan anak

Masa kanak-kanak adalah masa bermain sambil belajar. Pada usia ini, seharusnya anak bermain dengan teman-teman sebayanya, baik di lingkungan sekolah maupun rumah. Dengan berinteraksi langsung, anak dapat mengembangkan rasa percaya diri dan toleransi. Namun, saat ini gadget lebih menarik perhatian anak, karena mereka sering melihat orangtuanya menggunakan gadget di depan anak.

Sebaiknya, para orangtua berhati-hati dalam menggunakan gadget di depan anak. Sebab, anak akan meniru, dan akhirnya dapat merampas masa-masa yang seharusnya digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Agar anak tidak terlalu banyak menghabiskan waktu bersama gadget, inilah tips untuk para orangtua.

  • Pasang Foto. Simpanlah foto hewan, tumbuhan, dan foto keluarga, yang akrab dengan dunia anak. Jadikanlah gadget sebagai alat untuk mengenalkan sesuatu yang bermanfaat bagi anak. Ketika sedang menggunakan gadget di depan anak dan anak tampak tertarik, tunjukkanlah foto-foto tersebut. Berikanlah penjelasan yang sesuai dengan foto-foto itu.
  • Hindari Terlalu Lama/Sering. Anak-anak cenderung meniru sesuatu yang dilihatnya. Karena itu, hindarilah terlalu sering atau terlalu lama menggunakan gadget di depan anak. Sebab, anak akan mengikuti perilaku tersebut. Akibatnya, anak akan merasa benar jika berlama-lama menggunakan gadget. Faktanya, terlalu lama menggunakan gadget akan membuat daya konsentrasi anak terhadap pelajaran, menurun.
  • Gadget yang Terlalu Canggih. Banyak orangtua yang membelikan gadget canggih pada anaknya yang masih balita. Mengenalkan anak dengan kecanggihan teknologi memang sangat bermanfaat. Tapi, sebaiknya para orangtua menyadari bahwa anak belum memerlukan gadget dengan fitur lengkap dan canggih. Waktu yang tepat untuk memberi gadget pada anak adalah ketika si anak sudah memerlukannya.

Bagaimana pun, orangtua harus bijaksana ketika menggunakan gadget di depan anak. Tujuannya agar anak tidak kehilangan masa kecil yang penuh keceriaan, bersama lingkungan sekitarnya.

 

About nunikutami


Artikel Hati-Hati Menggunakan Gadget di Depan Anak

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>