Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Tips for Work Life Balance 2013

By Caring Lova on December 28, 2012
5 Tips Membuat Rencana Akhir Tahun

2012 segera kita tinggalkan. 2013 kita jelang. Merasa terlalu capek di tahun ini? Ingin lebih hidup seimbang di tahun mendatang? 5 tips berikut layak dipraktikkan:

  1. KISS. Keep it simple, stupidKamu sudah merencanakan agenda kerja di 2013? Wow, hebat. Tapi coba deh lihat lagi. Baiknya, jangan merencanakan terlalu banyak, terutama hal-hal yang sekiranya sulit untuk terealisasikan. Dengan demikian Kamu sudah menghemat waktu sejak awal. Ingat prinsip ini: KISS. Keep it simple, stupid. Buatlah segalanya sederhana.
  2. First thing first. Kemampuan mem-booking waktu secara efektif adalah kunci untuk work life balance. Dan kemampuan itu, Kamu boleh catat ini, akan berpulang pada kemampuan dalam memilah mana yang esensial, mana yang sekunder. Artinya: bikinlah prioritas sejak awal. Melabelkan status “TOP PRIORITY” untuk banyak hal akan sangat melelahkan.
  3. Belajarlah berkata “Tidak”.  Merencanakan apa yang bisa direalisasikan dan menetapkan prioritas memang penting. Namun hidup adalah interaksi dengan sekitar. Adakalanya kita berhadapan dengan aneka permintaan dari orang-orang terdekat. Dalam kondisi seperti itu, maka gunakanlah kriteria prioritas yang sudah ditetapkan. Lalu, cobalah berkata “tidak” untuk hal-hal yang mengurangi waktu berharga yang Kamu punya. Ingat, Kamu bukan superlady, lho!
  4. Gunakan teknologi. Disiplin mengorganisasi adalah fondasi untuk kelancaran semua hal yang sudah direncanakan dan diprioritaskan. Supaya makin mantap, please, gunakan teknologi untuk memudahkan pengorganisasian ini. Jadikan peranti teknologi yang dimiliki sebagai malaikat penolong Kamu. BlackBerry, iPhone, Android, juga aplikasi-aplikasi yang tersedia di PC jangan dibiarkan menganggur. Oh ya, satu lagi, kalau biasa menggunakan sticky notes, cobalah dikurangi. Kini saatnya digital. Kalaupun sudah menggunakannya, buanglah sticky notes sebelum berserakan membuat mata sesak melihatnya.
  5. Ketahuilah, semua tak selalu sempurna. Mengelola waktu agar tercipta keseimbangan hidup, bukanlah ilmu pasti. Boleh berdisiplin terhadap waktu. Tapi jangan sampai terobsesi untuk menepatinya hingga setiap detik. Enjoy-lah dengan prioritas yang ditetapkan. Nikmatilah bahwa tak selalu semua rencana itu berjalan sempurna.

Baca juga : Meraih Kembali Semangat yang hilang

About Caring Lova


Artikel 5 Tips for Work Life Balance 2013

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>