Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Begini Cara Memberi Kritik yang Baik

By on July 26, 2013
cara memberi kritik yang baik

Pernah menerima kritik tapi dengan hati yang “berdarah-darah”? Berarti si pemberi kritik belum tahu cara memberi kritik yang baik. Agar kamu tidak melakukan hal yang sama kepada orang lain, sebaiknya pahami hal-hal berikut ini, sebelum menyampaikan kritik.

Hindari Subyektif. Saat mengkritik, fokuslah pada pekerjaan yang ingin dikritik. Hindari memberi kritik dengan cara subyektif. Bicarakanlah hasil pekerjaannya dan bukan pribadinya. Mengkritik secara subyektif hanya akan memicu perselisihan dan akhirnya “tudingan” itu malah akan berbalik kepadamu.

Minimalkan Efek Buruk. Orang akan menerima kritik yang sifatnya membangun dan bukan menjatuhkan. Karena itu, kurangi efek buruk semaksimal mungkin. Pakailah kata-kata yang halus dan tidak membuatnya terpojok. Misalnya, berikan pujian dahulu, baru sampaikan kritik secara halus. Contoh: Saya senang kamu selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Tapi, saat kamu belum menyelesaikan laporan proyek setelah melewati batas waktu, saya kaget juga, lho!

Jangan Mengkritik di Depan Umum. Cara memberi kritik, akan sangat berpengaruh. Menyampaikan kritik di depan umum sama sekali tidak akan membuat dia lebih baik. Alih-alih memikirkan apa yang kamu sampaikan, dia malah merasa sedang dipermalukan di depan banyak orang. Ajaklah dia ke tempat yang lebih pribadi, lalu sampaikan kritikmu secara personal.

Jangan Menyindir. Sampaikan kritikmu secara spesifik dan langsung pada yang bersangkutan. Hindari melontarkan sindirian yang akan membuatnya bertanya-tanya, apalagi melalui jejaring sosial. Selain kritikmu tidak sampai, dia juga akan merasa bahwa kamu sedang menabuh genderang perang.

Sampaikan Secara Positif. Kritik berupa saran yang positif justru sangat diharapkan oleh semua orang. Karena itu, hindari kritik yang bernada menyerang. Sebaliknya, tempatkanlah dirimu di pihaknya. Sampaikan kritik karena kamu benar-benar ingin dia menjadi lebih baik.

Cara memberi kritik yang telah disampaikan di atas, banyak dampak postifnya. Pertama, akan membuat orang lain menjadi lebih baik. Kedua, membentukmu menjadi pribadi yang santun, elegan, dan lebih dihormati. Selain itu, pasti masih banyak dampak positif yang dapat kamu rasakan.

About nunikutami


Artikel Begini Cara Memberi Kritik yang Baik

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>