Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Jaga Kondisi Badan di Bulan Puasa

By Caring Lova on August 19, 2011

CaringLova,

Bagi Anda yang berpuasa, kini puasa sudah memasuki hari ke-12, berarti sepertiga ibadah sudah kita lalui bersama-sama. Apa yang Anda rasakan sekarang? Badan mulai terasa ringan. Kita mulai terbiasa bangun malam dan tidak ngemil di kala siang dan sore hari.

Bagus, sih, tapi jangan lupa tetap perhatikan asupan gizi yang masuk ke tubuh kita. Puasa masih sekitar 20 hari ini. Masih panjang perjalanan ibadah ini agar berjalan lancar. Oleh karenanya, jangan terlena dengan situasi ‘nyaman’ saat ini. Anda harus tetap  menjaga tubuh agar tetap prima dan mengonsumsi vitamin agar  dapat  beraktivitas tanpa terlihat lelah.

Untuk menjaga kondisi badan supaya tetap prima di bulan puasa, berikut tips sederhana yang dapat membantu Anda:

Perhatikan Asupan Makan

  • Saat sahur dan berbuka puasa, usahakan minum air putih sebanyak mungkin dan memakan buah juga sayur segar. Dengan demikian, selama berjam-jam menjalani menjalani iba­­dah puasa, Anda terhindar dari dehidrasi.
  • Berikan tubuh asupan multivitamin, agar daya tahannya kuat selalu dan puasa pun bisa dijalankan dengan khusyuk.

Perhatikan  Kesehatan Kulit dan Bibir

  • Kulit yang terkena terpaan sinar matahari, AC, hingga polusi, akan membuat kulit kering dan bersisik. Sungguh tidak enak dipandang. Apalagi di bulan puasa yang konsumsi air kita sedikit berkurang.  Untuk menghindarinya, selalu siapkan lotion yang mengandung tabir surya.
    Jika aktivitas Anda sangat padat dan berpindah-pindah, ada baiknya gunakan hand cream yang mengandung minyak zaitun agar kulittetap lembut sepanjang hari dan sama sekali tidak lengket.
  • Begitu pula perhatikan kesehatan bibir. Selama puasa, bibir akan mudah kering. Mengatasi bibir kering mudah saja. Sesudah menggosok gigi, sikat bibir dengan lembut dengan pasta yang tersisa.
  • Atau oleskan lip balm yang berbentuk petroleum jelly ke bibir. Lalu sikat bibir pelan-pelan. Hasilnya kulit kering akan terangkat dan bibir lembap selalu. Biasakan menggunakan lip balm setiap hari.

Perhatikan  Kesegaran Wajah

  • Cuci wajah dengan pembersih yang mengandung vitamin dan mineral lengkap. Agar tingkat kelembapan kulit selalu terjaga.
  • Lalu aplikasikan krim pelembap pada wajah yang melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Pilih yang mengandung antipigmentasi agar noda kecokelatan tidak muncul di wajah.
  • Kulit berminyak, pilihlah pelembap cair, sedangkan kulit kering pilihannya adalah krim pelembap.

Perhatikan Kebersihan Badan

  • Pakailah scrub yang menjaga kelembapan tubuh. Sari buah manggis dipercaya memiliki khasiat mengangkat kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru. Campuran ekstrak padi dan biji aprikot di dalamnya, membantu kulit tampak lebih cerah dan halus.

Tetap Tersenyum dan Perbanyak  Doa

  • Selama  bulan puasa adalah saat  yang  tepat untuk mempercantik kualitas diri, baik dari dalam maupun luar. Dari dalam, Anda  dapat memulainya dengan hal-hal sederhana, seperti  perbanyak tersenyum. Cerahkan hati dan pikiran dengan senyuman Anda.
  • Disamping itu, perbanyaklah berdoa dan berzikir. Kepasrahan dan ketaatan pada Yang Kuasa akan membawa hidup Anda lebih ringan, hati tenang, sehingga Anda dapat melangkah dengan mudah.

Tips yang mudah, kan?

About Caring Lova


Artikel Jaga Kondisi Badan di Bulan Puasa

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>