Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Menulis dan Mengajar dengan Cinta

By Caring Lova on December 5, 2011

Sejak kecil saya selalu kagum terhadap guru, baik guru saya langsung di depan kelas ataupun guru yang pernah hadir dalam hidup saya. Mereka telah banyak berkontribusi dalam kehidupan saya s ecara pribadi dan professional. Mereka adalah orang-orang hebat yang telah membantu menjadikan  orang  biasa menjadi hebat.

Selain guru, hal lain yang membuat saya kagum adalahpenulis-penulis yang inspiratif. Maka tidak heran kalau menulis dan  membaca kemudian menjadi hobi  yang menggairahkan.  Dari hobi tersebut saya pernah menganugrahkan  piala “CintauntukIbu” atas keberhasilan saya menjadi juara  1  tingkat nasional lomba menulis surat buat ibu, ketika masih duduk  di kelas  5 SD.  Tulisan  yang saya persembahkan untuk ibu saya tercinta tersebut juga sempa tdimuat  di tabloid , ditayangkan  di TV  dan dicetak  di buku paket Bahasa Indonesia  kelas  6 SD. Dari menulis jugalah  yang akhirnya mengantarkan saya dan ibu melancong keluar negeri.

Setelah  lulus  SMA ,saya hijrah ke Semarang  dan menjadi penyiar radio RGM fm yang dikelola kampus  IAIN  Walisongo Semarang. Berbarengan dengan itu saya juga menjadi wartawan koresponden di sebuah tabloid remaja “Tren” yang bernaung di bawah harian Suara Merdeka Semarang.  Dan kecintaan saya pada dunia anak-anak menginspirasi saya mengabdi menjadi seorang guru  TK di sebuah TK di kotaSemarang.

Setelah 2 tahunmenjadi  guru TK danmengajar les privatanak-anak, kecintaan saya kepada dunia pendidikan serta anak-anak makin mengkristal, dan atas dukungan kakak saya maka kami pun mendirikan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD).

Pada tahun  2002, dengan menyewa sebuahruko, saya mendirikan TK Mitra Ananda di Ngaliyan. Dua tahun kemudian  kami berhasil membeli tanah sendiri dan membangun TK Al-Firdaus di kawasanh utan karet Mijen, Semarang.  Alhamdulillah  di bawah kepemimpinan saya, yayasan terus berkembang dengan membuka TK, PAUD, Penitipan Anak, dan Lembaga Pendidikan Guru TK.

Kecintaan saya pada dunia tulis menulis dan dunia anak-anak berpadu menemukan titik temunya saat saya berhasil menerbitkan majalahanak-anak Smartpada 28 September 2009. Hal ini terusmenerus menambah semangat saya dalam menggeluti dunia anak-anak dan dunia menulis.

Wafatnya Gus Dur telah mendorong saya mendirikan Penerbit Genius Multi Media yang berhasil meluncurkan buku Keajaiban Gus Dur, “Sang Manusia Super”pada 28  Januari 2010 bertepatan dengan hari ulang tahun saya.  Di hari ulang tahun tersebut digela rberbagai acara istimewa dengan tema PESTA 28, sebuah pesta serba 28, dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke -28.

Saya sangat bersyukur karena sampai saat ini bisa menjadi pemimpin redaksi majalah anak, sekaligus ketua yayasan, kepala sekolah TK, PAUD, dan Tempat Penitipan Anak serta LPGTK  Islam Al-Firdaus, dosen di LPGTK  Tadika Puri serta menjadi penulis, editor bahkantelahmenerbitkan sekitar 8 judul buku  dalam  waktu 3 bulan diantaranya: ”PengabdiankuIbadahku”, “Keajaiban Gus Dur Sang Manusia Super”, “Hari Kasih Sayang Bersama Rasulullah”, “Keistimewaan  Orang  Yang Lahir tanggal 28”, “Lulus Ujian dengan Bantuan Allah”, “Wong Cilik Membela  Sri  Mulyani”, “Kado Cinta di Bulan  April”, dan “Masuk Surga Itu Gampang”. Ditambah lagi  sebagai pembicara seminar, pimpinan jasa pengiriman dokumen dan cargo serta sebagai presenter atau MC di acara-acara kota Semarang. Bahkan saya juga terpilih menjadi Wakil Ketua Ikatan  Guru TK/Raudhatul Athfalwilayah III Kota Semarang.

Berangkat dari semua rasa cinta  itulah maka baik itu dunia anak, pendidikan, buku maupun menulis benar-benar telah menjadi soulmate saya  untuk mengabdi dan beribadah di dalamnya. Seperti kata Albert Pike, “Apa yang kita lakukan untuk diri kita sendiri  akan mati bersama kita. Tapi apa  yang  kita lakukan untuk  orang lain dan dunia, akan menetap dan abadi”. Jadi bagi saya sepuluh tahun dari sekarang, tidak akan ada artinya jenis mobil apa yang akan saya kendarai,  jenis rumah  yang  saya tinggali, berapa banyak uang  yang sayapunya di rekening bank ataupun sepatu dan baju apa yang saya pakai. Tetapi dunia mungkin akan bisa menjadi sedikit lebih baik karena saya berperan penting dalam kehidupan seorang anak dan juga tulisan serta buku yang memberi pencerahan bagi pembacanya.

 

CaringLova,

Demikian  orang mengenal saya, orang yang aktif dan tidak bisa diam. Meski begitu di sela-sela kesibukan,saya juga menikmati hidup dengan menulis, menonton, mendengarkan musik, membaca buku apa saja, dan juga traveling serta wisata kuliner. Sungguh hidup ini indah, dan kita seharusnya mewarnainya makin indah. Salam Caring Colours!

 

 

About Caring Lova


Artikel Menulis dan Mengajar dengan Cinta

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>