Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Muda Bersenang-Senang, Tua Kaya Raya

By Wahyu Yuliastuti on December 21, 2012
Muda Bersenang-Senang, Tua Kaya Raya

Muda, penghasilan cukup, terkoneksi dan modis, mungkin inilah gambaran wanita karir masa kini. Dengan penghasilan yang mencukupi seakan bebas untuk membelanjakannya. Namun, jangan hanya terpaku pada kehidupan sekarang, pikirkan apa yang akan kamu lakukan ke depan. Menikah dan berkeluarga misalnya, pasti butuh dana dua atau tiga kali lipat daripada saat single. Mulai deh untuk mengatur alur pemasukan dan pengeluaran kamu.

  • Cek Pengeluaran Bulanan. Data dan hitung pengeluaran bulanan kamu. Jangan langsung stres saat memulai pada tahap ini, karena dengan mendata dan menghitung pengeluaran bulanan, kamu jadi paham berapa dana yang kamu butuhkan dalam satu bulan.
  • Hitung Pemasukan Bulanan. Hitunglah segala pemasukan yang bisa kamu dapatkan dalam satu bulan. Pemasukan bisa dari gaji bulanan, bonus, atau tunjangan yang didapat.
  • Menabung. Pisahkan pengeluaran bulanan dari pemasukan yang didapat dalam satu bulan. Segera mulai menabung untuk kehidupan ke depan. Selain untuk dana masa depan, tabungan juga berfungsi di saat-saat darurat. Saat kamu atau keluarga mengalami sakit misalnya, tabungan akan sangat bermanfaat. Kalau kamu masih single menabunglah minimal 3-6 bulan pengeluaran. Jika kamu baru menikah, tabungan dengan dana 6-9 bulan pengeluaran dirasa sudah cukup.
  • Proteksi Diri dan Keluarga. Mengikuti program asuransi akan sangat bermanfaat. ┬áDeangan nggak adanya kepastian di masa sekarang, mengikuti asuransi akan sangat membantu. Mengikuti program asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi kerugian dapat membuat rasa aman dalam diri.
  • Investasi. Kalau dana yang dimiliki dirasa sudah cukup, coba untuk berinvestasi. Emas dan properti bisa jadi pilihan karena risiko kegagalannya cukup kecil. Kalau berani untuk mengambil risiko bisa mencoba berinvestasi lewat reksadana dan bermain saham, high risk=high return.

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Muda Bersenang-Senang, Tua Kaya Raya

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>