Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Stres? Usir dengan Melon

By Caring Lova on May 8, 2011

Melon. Hmm… segarnya, apalagi bila disantap dalam keadaan dingin, entah itu dalam bentuk jus atau irisan-irisan kecil bersama puding. Bagi sebagian kita, melon mungkin dianggap buah yang biasa saja. Tapi, tahukah kamu bahwa buah yang kerapkali digunakan menjadi campuran salad dan es buah ini memiliki banyak kandungan antioksidan, dan sekaligus mengusir stres tubuh. Stres?

Benar. Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa melon memang sangat kaya antioksidan sekaligus dapat melepaskan stres dalam tubuh. Adalah Marie-Anne Milesi, seorang peneliti yang bersama rekannya melakukan penelitian pada 70 orang sukarelawan. Mereka bertekad untuk membuktikan bahwa antioksidan dalam melon dapat bereaksi dengan stres pada tubuh seseorang. Dari sukarelawan yang ada, 35 orang diantaranya mengonsumsi melon selama 28 hari, sedangkan sisa partisipan (35 orang) lainnya tidak mengonsumsi. Selama 28 hari itu, Milesi cs. terus mengamati dari dekat sekaligus mencatat perkembangan tiap sukarelawan. Apa yang terjadi?

Ternyata, setelah 28 hari, mereka yang mengonsumsi melon menunjukkan kondisi tubuh yang jauh lebih baik dibanding mereka yang tidak mengonsumsi. 35 orang yang makan melon selama 4 minggu penuh itu merasakan bahwa stres yang mereka alami berkurang dibandingkan saat belum makan melon. Kondisi ini berbalik dengan sukarelawan yang tidak mengonsumsi melon. Tingkat stres mereka tetap sama seperti biasanya. Kesimpulan yang bisa ditarik: melon menurunkan kadar stres seseorang. Selidik punya selidik, kandungan utama melon yang menurunkan stres terletak pada enzim superoxide dismutase (SOD). Inilah enzim antioksidan yang bisa mencegah kerusakan jaringan dalam tubuh serta mengatasi kelelahan.

Milesi menyebut enzim superoxide dismutase sangat berguna bagi tubuh karena meningkatkan konsentrasi, mengurangi perasaan lelah serta mudah marah. Enzim ini juga membantu meminimalkan kerusakan pada jaringan tubuh akibat proses kimia yang dikenal sebagai stres oksidatif, yakni proses yang melepaskan atom berbahaya atau radikal bebas ke dalam jaringan tubuh.

Wow,… itulah khasiat melon. So, kalau lagi banyak tekanan pekerjaan, jangan ragu untuk makan melon. Enak, sehat dan berkhasiat.

About Caring Lova


Artikel Stres? Usir dengan Melon

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>