Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Agar Lolos Tes Beasiswa S2

By Wahyu Yuliastuti on January 30, 2013
Tips Agar Lulus Tes Beasiswa S2

Takut melanjutkan pendidikan ke jenjang strata 2 atau S2 karena takut melihat biayanya? Sekarang kamu punya banyak kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S2 dengan mencari beasiswa. Ada banyak lowongan beasiswa yang ditawarkan baik dari dalam negeri, luar negeri, universitas negeri, bahkan universitas swasta. Umumnya kesempatan beasiswa ini berlaku untuk kamu yang berprestasi dan memiliki nilai akademis yang tinggi. Tapi nggak jarang kamu yang sudah berprestasi dan memiliki nilai akademis tinggi tak lolos dalam seleksi beasiswa. Makanya, nggak ada salahnya kamu coba beberapa tips lolos tes beasiswa S2.

Biasanya cara dan tahapan seleksi dari setiap perusahaan/ instansi yang memberikan beasiswa berbeda-beda. Tapi secara umum tahapan-tahapan seleksi relatif sama seperti seleksi administrasi, tes tulis, tes wawancara, dan penulisan essay rencana riset.

Baca juga : Persiapan Melanjutkan Pendidikan S2

  • Seleksi Administrasi. Teliti berulang kali kelengkapan dokumen yang diminta dan dokumen yang akan kamu kumpulkan. Saat mengisi aplikasi juga jangan terlalu terburu-buru. Kalau kamu menulis aplikasi dengan bahasa Inggris, perhatikan dengan baik grammar, spelling, dan konsistensi bahasanya. Kamu bisa meminta teman yang jago bahasa Inggris untuk mengoreksi aplikasi kamu.
  • Tes Tulis. Tes tulis biasanya diterapkan di semua proses seleksi beasiswa S2. Jenis soal biasanya disesuaikan dengan jurusan dan tingkatan beasiswa yang akan kamu ambil. Kamu bisa mempelajari berbagai soal yang pernah diberikan di tahun-tahun sebelumnya. Biasanya jenis soal nggak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sehingga kamu bisa lebih paham tentang tipe-tipe soal tes. Jangan malu untuk bertanya pada orang- orang yang sudah pernah lolos tes beasiswa.
  • Seleksi Wawancara. Selamat! Kalau kamu sudah memasuki tahap seleksi wawancara, kamu sudah melewati setengah dari tahapan seleksi beasiswa. Persiapkan baik-baik mental kamu untuk menghadapi tahapan ini. Kesiapan mental dan kemampuan menjawab pertanyaan secara diplomatis harus kamu miliki. Biasanya pewawancara melihat bagaimana potensi, kegigihan, kemauan, niat baik, dan harapan yang ada dalam dirimu untuk mendapatkan beasiswa ini. Bahasa yang dipakai dalam seleksi wawancara beasiswa S2 biasanya adalah bahasa Inggris. Persiapkanlah kemampuan bahasa Inggris kamu. Biasanya pertanyaan yang diajukan seputar dokumen aplikasi. Perlu diingat, dalam memberikan pertanyaan, pewawancara hanya meminta penjelasan dan bukan menguji pengetahuanmu, jadi jangan gunakan jawaban yang berbelit-belit. Usahakan jawaban yang kamu ajukan disertai dengan contoh.
  • Menyusun Rencana Study. Dalam menyusun rencana studi, persiapkan alasan yang kuat mengapa kamu memilih bidang studi tersebut. Usahakan memilih program studi yang benar-benar sesuai dengan minat kamu.

Kalau kamu mau mulai berburu beasiswa, berikut beberapa alamat website yang bisa dikunjungi untuk informasi beasiswa:

http://www.ausaid.gov.au/scholar/default.cfm

http://www.dest.gov.au/

http://www.usembassyjakarta.org/

http://www.austembjak.or.id/

http://www.daad.org/page/scholarship/index.v3page;jsessionid=2s057u5eu5kd1

http://www.britishcouncil.org/new/

http://www.beasiswas.info/

http://www.id.emb-japan.go.jp/

http://www.more.at/nec

http://www.sampoernafoundation.org/

http://www.supersemar.or.id/

Selamat Mencoba!

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Tips Agar Lolos Tes Beasiswa S2

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>