Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Aman Bertransaksi Lewat Mobile Banking

By on August 21, 2013
mobile banking

Teknologi berkembang dengan sangat pesat, dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah transaksi lewat mobile banking. Kecanggihan ini mendapat sambutan luar biasa dari semua pihak. Sebab, lebih memudahkan kita dalam berkegiatan dan dapat memangkas waktu. Tak perlu keluar kantor, semua urusan pembayaran dapat diselesaikan.

Sayangnya, di balik semua kemudahan dan kenyamanan tersebut, bahaya besar telah mengintai. Penjahat siap melahap siapa saja yang lengah. Agar terhindar dari kejahatan dalam bertransaksi melalui mobile banking, lakukanlah hal-hal berikut ini.

  • Password. Gunakan password pada perangkat mobile. Dengan adanya password, paling tidak orang yang berniat jahat tidak dapat langsung mengakses data. Kita tentu akan merasa lebih aman. Gunakan juga autolocked di smartphone setiap lima menit sekali. Menurut catatan polisi di Inggris, setiap tahunnya terdapat 250.000-300.000 laporan pencurian telepon genggam. Password dan autolocked akan membuat si pencuri harus bekerja lebih keras dalam mencuri data, terutama jika smartphone kita hilang.
  • Cek Keaslian Situs. Transaksi di smartphone lebih rentan mengalami pencurian data, daripada lewat komputer. Fakta ini ditemukan oleh Trusteer, sebuah situs keamanan sistem komputer. Saat bertransaksi lewat mobile banking, pastikan situs web yang diakses adalah situs asli. Terutama transaksi yang memerlukan detail pembayaran. Gunakan situs yang memiliki awalan https, bukan http. Juga, terdapat gambar gembok. Hal itu menunjukkan bahwa jaringan tersebut sudah menggunakan sistem secure lock.
  • Ganti Password Secara Berkala. Banyak orang yang malas mengganti password pada aplikasi banking yang sering digunakan. Padahal inilah cara agar pencuri tidak mudah melacak dan membongkar password. Gantilah password secara berkala.
  • Hati-Hati Saat Mengunduh Aplikasi. Penjahat dunia maya sering menyertakan virus dalam aplikasi. Berhati-hatilah saat menginstall dan mengunduh aplikasi, apalagi yang berhubungan dengan mobile banking. Pastikan aplikasi tersebut berasal dari web terpercaya, untuk menghindari kemungkinan virus ikut terunduh. Satu hal lagi, jangan malas membaca ulasan ketika mengunduh aplikasi, sebagai panduan.
  • Gunakan Aplikasi Pengaman. Lengkapi smartphone-mu dengan aplikasi pengaman. Salah satu contohnya adalah Lookout. Aplikasi ini mampu menghindari perangkat mobile dari virus berbahaya. Kemampuan lain adalah menemukan lokasi dan menghapus seluruh data secara otomatis jika smartphone hilang atau dicuri orang.

Yang perlu diingat, kemudahan teknologi, termasuk mobile banking, diiringi juga dengan kemudahan para penjahat untuk berbuat curang. Jadi, sedikit usaha dalam melindungi data, akan berdampak sangat besar untuk keamanan.

About nunikutami


Artikel Tips Aman Bertransaksi Lewat Mobile Banking

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>