Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Hal Agar Wawancara Kerja Berhasil

By on March 6, 2013
sukses-wawancara-kerja

Wawancara kerja adalah kunci diterima atau tidaknya kamu di perusahaan yang baru. Pada sesi ini, tidak ada hal lain yang harus dilakukan, selain benar-benar menyiapkan mental. Ada beberapa strategi sederhana yang bisa kamu ikuti, agar wawancara kerja berhasil.

  •  Cari Informasi. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mencarinya lewat internet, majalah, juga teman yang tahu atau bekerja di perusahaan itu. Jadi, jika pewawancara menanyakan tentang perusahaan itu, kamu sudah tahu. Sikap ini akan memberi kesan bahwa kamu sungguh-sungguh berniat bekerja di tempat iu.
  •  Perkiraan Pertanyaan. Banyak pertanyaan yang akan dilontarkan saat kamu melakukan wawancara kerja. Gaji yang diinginkan, alasan keluar dari perusahaan lama, kelemahan diri sendiri, adalah pertanyaan yang sering diajukan. Latihlah dirimu agar dapat menjawab pertanyaan tersebut secara lugas. Pelajari juga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang merupakan jebakan.
  • Penampilan. Tak dapat dipungkiri, pertama kali, pewawancara akan melihat penampilanmu. Baju yang sopan dan sesuai dengan busana kantor, rambut yang rapi, serta make up yang sewajarnya, akan menjadi prioritas utama dalam penilaiannya terhadap penampilanmu. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ramai. Perhatikan juga kebersihan sepatu sebelum datang ke tempat wawancara.
  • Tepat Waktu. Datanglah 15 menit sebelum waktu wawancara. Benahi dulu penampilanmu. Rapikan bajumu, rambut atau jilbab, dan make up. Datang ke tempat wawancara kerja lebih awal akan membuatmu lebih tenang. Sebaliknya, jika kamu datang terlambat, selain gugup, kamu pun akan mendapat kesan yang kurang baik dari pewawancara. Untuk menghindari terlambat, ukur waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat wawancara. Perkirakan juga kemungkinan macet dan waktu untuk menunggu angkutan umum.
  •  Jangan Terlalu Banyak Berkata. Jawablah pertanyaan yang diajukan, sesuai kebutuhan. Jangan memberi jawaban yang melebar karena bisa menjadi celah pewawancara untuk terus “menyerang”mu. Sesekali melontarkan humor, boleh saja. Asal, jangan terlalu sering. Alih-alih terlihat rileks, kamu malah akan menimbulkan kesan seperti sedang main-main.

Strategi sederhana tersebut bisa kamu terapkan dalam wawancara kerja. Setelah berusaha semaksimal mungkin, serahkan hasilnya pada Tuhan. Bukankah rezeki itu tak kemana?

 

About nunikutami


Artikel 5 Hal Agar Wawancara Kerja Berhasil

One Comment

  1. Pingback: Cerdas Memilih Teman di kantor - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>