Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Apa yang Bisa ‘Membakar’ Motivasi Kerja Karyawan?

By on March 21, 2013
motivasi kerja 2

Karyawan adalah aset penting yang harus dijaga. Bisa dikatakan, keberhasilan bisnismu ada di tangan mereka. Motivasi kerja karyawan merupakan hal penting yang harus selalu ditingkatkan. Untuk membakar motivasi kerja karyawan, diperlukan usaha-usaha sebagai berikut:

Baca Juga : Pengaruh Gaji Pada Motivasi Kerja

  • Training. Melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu lama, akan membuat karyawan merasa bosan. Rasa bosan inilah yang menyebabkan motivasi kerja karyawan menurun. Lakukanlah penyegaran untuk mereka. Adakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan bagi mereka. Atau, undanglah motivator andal untuk membangkitkan kembali motivasi kerja mereka.
  • Reward. Memberi penghargaan atau reward kepada karyawan adalah cara ampuh untuk meningkatkan motivasi kerja mereka. Bukan besar atau kecilnya bentuk penghargaan, tetapi penghargaan itu sendirilah yang membuat karyawan merasa dianggap penting oleh perusahaan. Bonus, insentif, dan hadiah kecil, dapat dijadikan sebagai bentuk penghargaan, terhadap karyawan yang berprestasi.
  • Pendekatan. Sebagai atasan, kamu sangat perlu melakukan pendekatan kepada karyawan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap karyawan. Jika kamu tahu kekurangan karyawan tersebut, kamu pun akan mudah mendukung dan membantunya dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga, karyawan tersebut dapat meraih prestasi kerja. Kamu juga akan mudah menentukan karyawan yang layak untuk mendapatkan reward.
  • Fasilitas. Hal lain yang dapat meningkatkan seorang karyawan untuk bekerja lebih baik adalah dengan memberi fasilitas. Misalnya, fasilitas parkir gratis, voucher belanja, atau fasilitas biaya komunikasi. Berikan fasilitas ini untuk karyawan yang mencapai prestasi kerja tertentu. Dengan demikian, setiap karyawan akan berlomba-lomba mencapai prestasi kerja tersebut.
  • Kegiatan. Sesekali, perlu juga mengadakan kegiatan seperti family gathering, pekan olahraga antarkaryawan, atau outing. Selain me-refresh pikiran, karyawan juga akan lebih merasa bahwa perusahaan adalah bagian dari dirinya. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan loyalitas sekaligus motivasi kerja.

Tak dapat dipungkiri, sebagai atasan, kamu harus meluangkan tenaga dan pikiran untuk mencari hal-hal yang dapat membakar motivasi kerja karyawan. Namun, di balik usaha kerasmu, pasti ada hasil maksimal yang akan kamu dapatkan dari para karyawan itu.

About nunikutami


Artikel Apa yang Bisa ‘Membakar’ Motivasi Kerja Karyawan?

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>