Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cara Cerdas Menegur Kesalahan Atasan

By on May 3, 2013
cara cerdas menegur kesalahan atasan

Bos juga manusia. Karena itu, atasanmu ini juga bisa saja melakukan kesalahan. Untuk menegur kesalahan atasan, diperlukan cara jitu seperti di bawah ini.

  • Waktu yang Tepat. Jangan pernah membuat atasan terlihat buruk di depan orang lain. Juga, jangan menegur atau mengumbar kesalahan atasan di dalam rapat. Pilihlah waktu yang tepat untuk menegur atasanmu. Mintalah waktu untuk berbicara berdua saja, di tempat yang orang lain tidak dapat melihat atau mendengar. Ruang kerja atasanmu adalah tempat yang paling tepat untuk itu.
  • Siapkan Fakta. Sebelum menegur kesalahan atasan, siapkan fakta-fakta yang dapat mendukung pendapatmu. Sehingga, ketika atasanmu membalas dengan argumen yang lebih akurat, kamu dapat memberikan alasan yang logis. Bukankah jika kita akan “menyerang”, kita juga harus sudah menyiapkan “senjata”?
  • Tenang dan Fokus. Beginning is difficult. Jadi, mulailah dengan membahas hal yang akan kamu bicarakan. Katakan pada atasan bahwa kamu telah mengerti arahannya. Setelah itu, barulah sampaikan kesalahan atasan. Kemungkinannya ada dua. Atasanmu langsung menerima teguran itu, atau menantangmu untuk memberikan ide lain.
  • Jangan Memaksa. Jika atasan tetap teguh pada pendapatnya, kamu jangan memaksakan diri agar atasan menerima pendapatmu. Tetaplah hargai pendapatnya. Jaga agar emosimu tetap stabil dan tidak meledak.

Banyak cara cerdas untuk menegur kesalahan atasan. Karena itu, pandai-pandailah membaca situasi. Satu hal lagi, banyak atasan yang memberi poin lebih jika ada karyawan yang berani menegur kesalahan atasan. Jadi, jangan ragu untuk menyampaikannya.

 

 

About nunikutami


Artikel Cara Cerdas Menegur Kesalahan Atasan

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>