Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cara Cerdas Menegur Kesalahan Atasan

By Caring Lova on April 6, 2013
menegur bos

‘Bos selalu benar.’ Kalau kamu sebagai karyawan masih menganut prinsip seperti itu rasanya kamu perlu mengubah pola pikir kamu. Di jaman demokratis seperti sekarang ini sudah saatnya kita nggak sekadar tunduk sama perintah bos. Kamu juga harus tahu cara cerdas menegur kesalahan atasan kamu.

Kalau memang bos kamu salah, nggak ada ruginya kok kamu coba menegurnya dengan cara yang sopan dan tetap hormat. Mereka bisa jadi berterima kasih lho kalau ternyata teguran kamu bisa menyelamatkan perusahaan. Yuk, intip cara cerdas menegur kesalahan atasan.

  • Lakukan secara pribadi. Siapapun orangnya tentu nggak pengen kesalahannya diumbar-umbar di depan umum. Apalagi seorang bos, bisa-bisa kamu yang dapat terguran keras. Lakukan teguran atas kesalahan bos kamu secara pribadi, artinya jangan di depan orang banyak. Kecuali kalau kalian memang berada di dalam forum kemudian berbeda pendapat.
  • Perhatikan nada suara. Kalimat yang sama dengan nada suara yang berbeda juga bisa diartikan secara berbeda. Mengingat orang yang kamu tegur adalah seorang atasan, coba bicarakan dengan nada yang rendah namun tetap tegas. Ingat, jangan terbawa emosi! Bagaimanapun yang kamu hadapi adalah atasan kamu.
  • Body language yang tidak menggurui. Selain nada suara, perhatikan body language kamu. Jangan sampai kamu tampak seperti menggurui atasan kamu. Tetap tampil sopan dan pastikan bahwa niat kamu menegur memang demi kepentingan perusahaan.
  • Berikan solusi. Kalau memang kamu berniat menegur atas kesalahan atasan kamu, ada baiknya kamu juga memberikan solusi untuk memperbaikinya. Itu bisa jadi nilai plus buat kamu di mata atasan kamu. Tentu saja niatnya adalah untuk kebaikan perusahaan, tapi itu bisa jadi nilai tambah performance kamu lho!

So, mulai sekarang nggak perlu ragu lagi untuk mengatakan kebenaran di hadapan bos kamu. Asalkan niat kamu tulus dan dilakukan dengan cara yang baik, no problem!

About Caring Lova


Artikel Cara Cerdas Menegur Kesalahan Atasan

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>