Wanita Indonesia

wanita-indonesia

3 Hal yang Diinginkan Manajer Rekrutmen

By Caring Lova on September 22, 2011
recruitment

CaringLova,

Jika ada sesuatu yang ingin dihindari organisasi maka inilah jawabannya: merekrut orang yang salah. Begitu juga bila orang yang baru direkrut ternyata hanya bertahan dalam hitungan 3 bulan padahal yang bersangkutan adalah orang yang cakap. Biaya kehilangannya lebih besar ketimbang menggajinya dalam 3 tahun. Itulah sebabnya, manajer rekrutmen punya tanggung jawab yang toleransi kesalahannya sangat kecil.

Lalu, apa hubungannya dengan kita?

Menimbang hal tersebut, maka kita yang tengah mencari the right job mesti mempertimbangkan tingkat kesulitan mereka. Caranya adalah menurunkan level kesulitan yang dihadapi manajer rekrutmen dalam mencari calon yang tepat. Maklum, karena tekanannya berat, manajer rekrutmen akan berupaya mencari kandidat yang sejak awal bisa membuatnya yakin bahwa dia mendapatkan the right person.

Di sini, Joshua Waldman, seorang career coah memberi catatan tentang 3 hal yang mesti dimiliki tiap kandidat dalam menghadapi manajer rekrutmen:

1. Are you likeable?
Ini adalah persoalan kecocokan. Kesan pertama atas personalitas dan profesionalitas kandidat sangat menentukan. Kebanyakan manajer rekrutmen akan menimbang “Apakah kandidat ini menyenangkan? Bisa bekerja 8 jam sehari, 5 hari dalam seminggu, tidak menjengkelkan, sok tahu?” Kesan pertama atas personalitas dan profesionalitas kandidat bisa menjadi pertimbangan pengambilan keputusan manajer rekrutmen.

2. Are you motivated?
Setiap orang yang melamar suatu pekerjaan kerap mengatakan hal yang seragam, “I’d be great for this position, I’m really qualified.”
Tugas kandidat sesungguhnya adalah melakukan diferensiasi dirinya dari sesama pelamar dan membuatnya manajer rekrutmen sulit untuk mengatakan “Tidak”. Nah, di sinilah kandidat mesti menunjukkan level motivasi yang dimiliki. Hal ini juga yang mesti diperagakan ketika sesi wawancara berlangsung. Temukan cara terlihat motivasi tapi tidak lebay (berlebihan).

3. Can you do the job?
Banyak kandidat hanya menunjukkan apa yang menjadi kompetensinya secara ekslusif hanya pada saat wawancara. Sebaiknya ini telah dicantumkan dalam resume apa prestasi yang telah diraih selama ini. Ingat, jangan cantumkan sekadar “responsibilities”, tapi “achievement”!

CaringLova,
Itulah tiga hal yang diinginkan manajer rekrutmen yang mesti diperhatikan setiap kandidat. Manajer ingin mendapatkan the right person. Kita harus tunjukkan itu. Lagi pula, bukankah kita juga ingin mendapatkan the right job?

(foto: istimewa)

About Caring Lova


Artikel 3 Hal yang Diinginkan Manajer Rekrutmen

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>