Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Tip Personal Branding dari Guy Kawasaki

By Caring Lova on August 10, 2011

CaringLova, di dunia mutakhir seperti sekarang, kita mesti piawai melakukan personal branding. Dengan personal branding yang tepat, kita bisa mengangkat nama dan citra diri secara positif ke dunia luar sehingga bisa menjadi faktor kesuksesan karir. Tapi bagaimana caranya?

Berikut adalah tip dari Guy Kawasaki, seorang pakar manajemen dan inovasi, yang layak dicoba:

Make Meaning, Not Money. Jika kita ingin melakukan personal branding dengan tujuan making money, segeralah berhenti. Sebab kita hanya akan menarik orang bermasalah dalam hidup. Sebaiknya, mulainya dengan tujuan making meaning, mencipta makna. Misalnya, memberi kehidupan yang lebih baik bagi sesama.

Make a Mantra. Dalam 3 kata, atau mungkin kurang dari itu, coba deskripsikan siapa sih diri kita? Kawasaki percaya bahwa mission statements seringkali tak bermanfaat. Lebih baik, katanya, buatlah mantra. Misalnya, bahwa diri kita adalah “peace of mind”.

Polarize People. Kawasaki menyarankan kita untuk tidak berupaya menyenangkan semua orang. Menurutnya, tak usah khawatir orang bereaksi salah pada kita. Jangan berupaya menarik perhatian semua orang. Pilihlah secara selektif pada siapa kita akan melakukan personal branding.

Find a Few Soul Mates. Kita tidak sendirian dalam meniti karir. Temukan orang yang bisa menyeimbangkan kita dalam kehidupan. Carilah waktu agar bisa bersama mereka. Sesibuk apapun, buat rencana agar bisa bertemu mereka. Kita hanyalah seseorang. Orang biasa. Maka kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang membuat kita berkembang.

Don’t Let the Bozos Grind You Down. Tak semua orang akan menyukai kita. Tak semua juga akan setuju dengan kita. Itulah fakta kehidupan. Maka, jangan biarkan kritik membuat kita hancur. Hidupkan mantra kita. Guy bilang, “Abaikan orang-orang yang bilang bahwa kita tidak akan berhasil. Gunakan kata-kata negatif sebagai motivasi. Buktikan mereka salah.”

Itulah tip motivasi yang layak kita coba!

About Caring Lova


Artikel 5 Tip Personal Branding dari Guy Kawasaki

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>