Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Tips for Better Work-Life Balance

By Caring Lova on December 10, 2012
Life Balance

1. Apa Prioritas Hidup Kamu?

Mengetahui apa saja prioritas terpenting dalam hidup kamu adalah langkah pertama dan terpenting untuk mencapai work-life balance. Karena itu pertanyaan terpenting yang harus kamu jawab adala: “apa saja prioritas hidupmu?” Untuk menemukan jawabnya, ambilah cuti beberapa hari, pergilah ke Puncak, dan renungkan beberapa hal mendasar mencakup prioritas hidup kamu. Daftar pertanyaan berikut ini mungkin bisa membantu:

1. Jika hidup saya harus fokus pada satu hal, apa yang kira-kira bakal terjadi?
2. Jika saya menambahkan hal kedua lain lagi, apa yang akan terjadi?
3. Jika saya tambah lagi hal ketiga?
4. Jika saya tambah lagi hal keempat?
5. Atau yang kelima?… dan seterusnya.

Baca jugaJangan Abaikan Visi!

Jika kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur, barangkali jawabannya bisa beberapa prioritas hidup berikut:

  • Anak-anak
  • Pasangan hidup
  • Mencapai karir hebat
  • Menjalani tugas sosial
  • Agama
  • Kesehatan
  • Olah raga… dan seterusnya

2. Jangan Lakukan Hal yang Nggak Perlu

Jika kamu sudah mengerti prioritas hidupmu, maka alokasikan waktu dan perhatian pada prioritas hidup yang sudah kamu pilih tersebut. Barangkali kamu mendapati terlalu banyak mengalokasikan waktu pada hal-hal yang tidak penting dan bukan menjadi prioritas hidup kamu. Kalau ini terjadi, mulailah menjadwalkan waktu Kamu secara lebih bijak. Fokuslah pada lima prioritas hidup Kamu.

3. Lindungi Waktu Privasi Kamu

Janganlah waktu privasi Kamu begitu gampang diambil untuk pekerjaan dan gangguan lain. Mulailah belajar untuk tidak terlalu sering mengecek email atau isi sms di ponsel Kamu. Seringkali kita merasa harus membuka ponsel setiap saat, bahkan di hari libur. Bahayanya, waktu privasi kita akan kian tergerus habis. Seringkali juga kita berpikir bahwa semakin banyak waktu yang kita alokasikan untuk kerja, semakin banyak pula hasil kerja yang kita dapatkan. Belajarlah menepis anggapan ini dengan membeuktikan bahwa dengan alokasi waktu yang lebih sedikit kita mampu menuai hasil pekerjaan yang sama.

4. Mintalah Bantuan Untuk Menyeimbangkan Hidup Kamu

Andalkan suami/istri, anggota keluarga, teman, atau pembantu untuk mengurus rumah agar waktu Kamu bisa lebih longgar dan kehidupan menjadi lebih seimbang. Minta bantuan mereka untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, sementara Anda fokus pada prioritas hidup Kamu.

Baca juga : Menyimbangkan Kehidupan Kamu

5. Rencanakan Kesenangan dan Rileks

Menuruti kesenangan dan rileks merupakan hal penting dalam keseimbangan hidup dan kerja. Karena itu perlu kiranya Kamu ikut kegiatan-kegiatan yang fun dan rileks sepeti kursus gitar, kelas yoga, atau kencan spesial dengan istri atau suami. “If you believe that the most important thing is to be happy in life then you can always make time.” Hanya jika Kamu sudah terbiasa menyisihkan waktu untuk kehidupan Kamu sendiri, maka Kamu akan bisa menikmati kesenangan dan rileks.

About Caring Lova


Artikel 5 Tips for Better Work-Life Balance

3 Comments

  1. Pingback: Menghilangkan Stress dengan Liburan Murah

  2. Pingback: 4 Cara Terbaik Menjalankan Resolusi Awal Tahun

  3. Pingback: Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>