Wanita Indonesia

wanita-indonesia

7 Kesalahan Wanita di Dunia Karir

By Caring Lova on August 12, 2011

CaringLova,

Tidak seperti kaum pria yang cenderung percaya diri, wanita seringkali justru meremehkan kemampuan sendiri. Terutama dalam hal karier, banyak wanita yang memilih ‘mundur’ ketimbang berkompetisi mengejar karier. Tentu hal itu akan merugikan diri mereka sendiri.

Bagaimana sebaiknya wanita harus menyikapi kariernya? Adakah sesuatu yang salah yang menyebabkan karier kita berhenti di jalan? Ataukah ternyata perangai kita menyebabkan teman lain celaka? Semua itu kami rangkum ke dalam Coba teliti, apakah Anda termasuk orang-orang yang “hobi” menyabotase karier Anda sendiri, dengan menyimak beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan wanita seperti di bawah ini:
1. TERLALU RENDAH MEMATOK STANDAR
Kaum wanita seringkali memasang standar yang kelewat rendah, sehingga akhirnya merugikan diri sendiri. Bahkan dengan kemampuan kerja yang sangat baik pun, seringkali mereka justru menempatkan diri mereka terlalu rendah. Contohnya, jago komputer, tapi enggan menawarkan posisi yang berkaitan dengan keahliannya itu, justru lebih suka duduk di meja staf administrasi ketimbang mengisi posisi di bagian teknologi informasi.
2. TIDAK MEMINTA TOLONG
Perempuan adalah makhluk yang paling suka meminta tolong. Lihat saja, ketika salah jalan, mereka akan dengan getol bertanya kepada siapa pun yang mereka jumpai, sementara pria lebih suka mencoba mencari jalan sendiri. Anehnya, ketika mereka sedang mencari pekerjaan, perempuan lebih suka membungkam mulut. Sementara kaum pria justru doyan bercerita pada setiap orang bahwa mereka sedang mencari pekerjaan.

3. LUPA CANTUMKAN KELEBIHAN
Seringkali para wanita tidak menerangkan dengan jelas kemampuan mereka pada bidang yang mereka geluti. Sementara kaum lelaki justru seringkali membesar-besarkan kemampuan yang sebenarnya hanya mereka kuasai sedikit. Ingat, ada perbedaaan yang jelas antara melakukan sesuatu lebih dari yang bisa dilakukan dengan tidak menuliskan kemampuan yang sebenarnya memang Anda miliki

4. PESIMISTIS
Kaum hawa seringkali tidak secara maksimal mempelajari sesuatu. Sementara kaum adam lebih bersemangat dan hampir selalu mengatakan “Ya, kami sanggup.” Bukan berarti kaum laki-laki berbohong, lho!  Optimisme ternyata memang lebih penting daripada apa yang sudah didapat dari pengalaman. Manakah yang akan Anda pilih, seorang yang optimistis atau seorang yang pesimistis?
5. MEMILIH PASIF
Memilih ditelepon daripada menelepon duluan hanya berlaku untuk hubungan yang tidak bersifat profesional. Menunggu diajak kencan seorang pria memang baik, tetapi jika Anda sedang melamar pekerjaan atau tengah mengincar klien baru, tak ada salahnya menelepon lebih dulu, sekedar untuk mengetahui perkembangan berikutnya. Ini juga menunjukkan seberapa besar semangat dan minat Anda pada bidang kerja itu.

6. MENJADI SI “SERBA BISA”  SAAT INTERVIEW
Terkadang, saking semangatnya, kita melakukan hal-hal yang kelewat banyak saat wawancara. Memang betul, pada saat wawancara, si pewawancara ingin mengetahui sebanyak mungkin tentang diri Anda. Namun, Anda tetap harus jelas mengutarakan kemampuan dan keinginan Anda pada pekerjaan yang Anda minati tersebut.

7. JANGAN RAGU BERNEGOSIASI
Tentu saja, perusahaan yang sedang membuka lowongan mempunyai patokan gaji dan budget untuk karyawan baru. Tetapi tetap terbuka kemungkinan bagi Anda untuk mengajukan tawaran mengenai gaji yang Anda inginkan. Kenyataannya, hampir tidak ada perusahaan yang tiba-tiba membatalkan tawaran lowongannya hanya karena calon pegawai perempuannya meminta gaji yang lebih tinggi dari yang ditawarkan, bukan?

About Caring Lova


Artikel 7 Kesalahan Wanita di Dunia Karir

One Comment

  1. Pingback: Your Job is NOT Your Career - Bekerja Keras Menggapai Passion - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>