Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Anda di Tempat Kerja yang Tepat?

By Caring Lova on September 21, 2011

CaringLova,

Sebagai profesional muda, kita seringkali dapat tekanan untuk menemukan apa yang disebut “right job” setelah lulus. Sayangnya, banyak orang memilih pekerjaan berdasarkan tawaran pertama yang mereka dapatkan. Ini mungkin menyenangkan. Tapi terkadang akhirnya disadari bahwa pekerjaan itu bukanlah sesuatu yang menjadi idaman.

Nah, urusan mencari dan mendapatkan “right job” memang bukan perkara mudah. Tapi kita bisa mengetahui apakah sebuah pekerjaan sudah tepat buat kita. Menurut Diana Antholis, seorang konsultan karir, setidaknya ada 5 hal untuk mengetahui apakah pekerjaan itu tepat atau tidak buat kita.

1. Anda merasa bergairah terhadap pekerjaan

Saat pulang ke rumah setelah kerja, perasaan Anda seperti “saya masih mampu meneruskan pekerjaan”. Ada perasaan senang, punya energy, dan senang besok akan kembali bekerja, berangkat ke kantor lagi. Begitu terus.

2. Saat ditanya, “Apa pekerjaanmu?”, Anda menjawab antusias dan energik

Kita bisa merasakan antusiasme seseorang. Jadi, ketika seseorang menjelaskan pekerjaannya, perhatikan deh bagaimana dia menjelaskannya. Jika seseorang tersenyum, antusias bercerita, bisa dipastikan dia bahagia. Kalau dia bilang di awal kalimat, “Oh…” atau “Ah…”, sangat bisa dipastikan ada something wrong di sana. Nah, bagaimana dengan Anda kalau ditanya pekerjaan?

3. Tidak sering matikan alarm bangun pagi

Coba kita perhatikan saat bangun pagi, bagaiamana perilaku kita saat itu. Kalau kita antusias mendengar alarm, boleh jadi kita sangat senang dengan pekerjaan. Tapi kalau kita mematikan lebih dari 10 kali untuk “snooze” alarm, entah itu weker atau handphone, ah… boleh jadi kita memang sangat mengantuk, atau… kita malas karena akan memulai sesuatu yang tidak menyenangkan.

4. Tertarik tantangan baru di tempat pekerjaan

Career experts seringkali menyarankan seseorang untuk terlibat dalam proyek yang levelnya lebih tinggi agar dia dikenal dan dipromosikan ke posisi yang lebih baik. Kalaulah itu benar dan Anda melakukannya, itu bukan karena “harus” tapi karena Anda memang menginginkannya.

5. Aktif memunculkan ide kreatif sekalipun tidak sedang di tempat kerja

Seseorang seringkali berpikir brilian ketika dapat tekanan di tempat kerja. Tapi bila seseorang mencintai pekerjaannya, dia akan berpikir kreatif tentang pekerjaannya bukan hanya di tempat kerja, tapi saat tidak di tempat kerja sekalipun. Alam bawah sadar seseorang yang menyukai pekerjaannya, dalam keadaan rileks sering memunculkan ide kreatif begitu saja.

Nah, bagaimana dengan Anda, CaringLova? Adakah tanda-tanda di atas dalam diri Anda?

(foto: istimewa)

About Caring Lova


Artikel Anda di Tempat Kerja yang Tepat?

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>