Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Buka Usaha, Tapi Karir Tetap Cemerlang

By on February 7, 2013
Buka Usaha, Tapi Karir Tetap Cemerlang

Mending buka usaha, atau mengembangkan karir di kantor, ya? Jadi wanita dengan karier cemerlang di kantor, tentu menjadi dambaan banyak perempuan. Tapi, bagaimana kalau punya bisnis sendiri adalah sebuah passion yang lama bergejolak dan menanti untuk disalurkan?

Baca juga: Emansipasi Ala Wanita Modern

Jangan khawatir, kadang kita tidak harus memilih salah satu diantaranya. kita bisa kok dapatkan keduanya. Tapi, ini nih yang perlu diperhatiin :

  1. Komitmen. Ini adalah hal paling dasar yang dibutuhkan untuk buka usaha dengan tetap mengejar karir di kantor. Ketika komitmen dengan diri sendiri ataupun dengan rekanan sudah dibuat, kita harus bisa belajar menjaga komitmen ini.
  2. Buat Perencanaan dan target jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, dalam usaha maupun karir anda.
  3. Tentukan komposisi waktu dan energi yang akan kita luangkan untuk mengurus usaha sampingan. Pastikan usaha ini tidak mengganggu pekerjaan kantor yang biasanya sudah memiliki jadwal yang tetap.
  4. Siapkan banyak energi. Untuk mengejar karir di kantor saja, butuh usaha yang besar. apalagi, ditambah buka usaha. Tapi percayalah, tidak ada yang sia-sia. Kerja keras anda akan berbuah manis.
  5. Jangan mudah menyerah dengan segala tantangan yang datang baik dalam usaha maupun dalam pekerjaan kantor.
  6. Fokus. Untuk bisa berhasil dalam buka usaha dan karir, kita harus bisa fokus dengan apa yang ada di depan mata. Saat ada di kantor, maksimalkan seluruh kemampuan kita untuk mengerjakan pekerjaan kantor dengan sebaik-baiknya. Ketika waktunya mengurus usaha, gunakan energi dan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha kita.
  7. Jangan pernah mencampuradukkan, apalagi memanfaatkan fasilitas kantor untuk usaha pribadi. Tentu tidak mau dong, karir kita tercoreng gara-gara sering memakai fasilitas kantor untuk keperluan pribadi?
  8. Pastikan usaha yang anda bangun ini, memang sesuatu yang anda sukai, hingga anda akan enjoy menjalaninya.
  9. Pilih usaha yang berbeda dengan pekerjaan yang sedang kita jalani. Tentu anda tidak mau kan, dianggap “menikung” perusahaan?

Nah.. sekarang sudah lebih mantapkan, mulai buka usaha sendiri sambil tetap bekerja dan memiliki karir cemerlang di kantor? Selamat berjuang wanita-wanita hebat!

About luvie

Penulis Skenario yang kini juga aktif menjadi script editor di sebuah Production House. Aktif menulis di blog pribadinya di http://luviemelati.com

Artikel Buka Usaha, Tapi Karir Tetap Cemerlang

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>