Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Career Tips #3

By Caring Lova on November 10, 2011

 

Be A Bumble Bee – Don’t let anyone tells you that your dreams are out of reach

Bumble bee (kumbang) memiliki 2 buah sayap yang jauh lebih kecil daripada tubuhnya yang bulat. Karena hal itu, semua makhluk lain mengatakan bahwa bumble bee tidak bisa terbang! Bahkan teori aerodinamika pun menyatakan hal yang sama. Semua makhluk mengetahui hal tersebut, KECUALI bumble bee sendiri. So what happened then? Bumble bee flies! Hal ini bisa terjadi karena bumble bee hanya berfokus kepada kenyataan bahwa ia memiliki 2 buah sayap, oleh karena itu sudah sewajarnya ia bisa terbang. Bumble bee tidak membiarkan siapapun menyatakan bahwa sesuatu hal tidak mampu untuk dicapai. Ia hanya berfokus kepada apa yang ingin ia lakukan, and he takes action upon it. Being a bumble bee means to Focus on POSSIBILITIES not  LIMITATION.

Whether You Think You Can, or You Can Not, You Are Right!

Tanpa sadar, seringkali kita melakukan sabotase terhadap diri sendiri dengan memiliki belief yang negatif mengenai kemampuan kita. Tidak jarang kita menetapkan target untuk dicapai, namun deep down inside, suara hati kecil kita justru mengatakan bahwa hal tersebut terlalu sulit untuk diraih. Contoh paling sederhana adalah menetapkan target untuk menjadi manager di usia 25 tahun, namun at the same time suara di dalam hati mengatakan “PD banget sih, itu kan susah..”. Congratulations! You have just successfully sabotage your own destiny…

Masih sejalan dengan Career Tips #2 yang lalu – Be Visionary, we need to start our career journey dengan sebuah visi. Namun bukan hanya itu, we need to BELIEVE into that vision we have created… Karena jika kamu berpikir bahwa sesuatu yang kamu inginkan itu dapat diraih, atau sebaliknya terlalu sulit untuk diraih – itulah kenyataan yang juga akan kamu terima kelak… It all starts with your mind set.

How to Fly Like Bumble Bee

I’m a big fan of bumble bee.. Memiliki prinsip ‘Be A Bumble Bee’ membantu saya untuk selalu memiliki optimisme dan sikap mental positif untuk dapat tetap berdiri tegak dan terus melangkah, bahkan di saat ‘badai’ datang menerpa. Dan lebih daripada itu, prinsip ini membantu saya untuk secara terus-menerus membangun dan mengejar mimpi-mimpi, karena saya percaya tidak ada yang dapat menghentikan saya dari mewujudkan impian tersebut selain diri saya sendiri. But I do understand that this thing is much easier said than done… So, here are some small tips on how to fly like a bumble bee:

  • Kelilingi diri kamu dengan orang-orang positif, maka energi positif mereka pun akan menular kepada kamu. Hal ini juga berlaku sebaliknya, oleh sebab itu saya percaya bahwa tidak ada yang salah dengan memilih-milih teman dalam bergaul, karena hal ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap kepribadian kita. Being friends with someone who always says bad things or complain about everything, will drain your energy very quickly. Tanpa sadar, kamu pun berubah menjadi pribadi negatif seperti mereka.
  • Bertemanlah dengan orang-orang yang menurut kamu sukses, dan jangan sungkan untuk meminta sharing dari mereka. Seringkali kesuksesan yang sepertinya diraih dengan mudah, tidak datang dengan jalan yang mulus. Belajarlah bagaimana mereka mengatasi berbagai permasalahan yang datang. You can learn a lot from someone without needing to experience the problem yourself.
  • Bacalah buku-buku pengembangan diri yang dapat semakin memotivasi dan meningkatkan semangat Anda dalam berkarya. Beberapa self-help books yang saya rekomendasikan misalnya: Rules of Work, How to be CEO, You Are What You Think, dsb.
  • Last but not least, dalam setiap hal yang terjadi, selalu ada 2 sisi koin yang dapat kita lihat – Positif atau NegatifOpportunity or ProblemPossibilities or Limitation. Dan setiap orang memiliki kesempatan untuk memilih, sisi mana yang ingin ia lihat. So why should you spend your energy to focus on things you can not do instead of focusing on things that you CAN do?

I know I have made my choice. Have you made yours??

Wait for my CAREER TIPS #4 in the next article…
Poke me at my twitter: @v1bey

 

About Caring Lova


Artikel Career Tips #3

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>