Wanita Indonesia

wanita-indonesia

CAREER TIPS #4 – Have Work Values as Your Principles

By Caring Lova on December 5, 2011

Kata “values” seakan-akan sudah sangat familiar, namun sayangnya belum begitu banyak orang yang benar-benar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Your Values Will Shape Your Personal Brand

Value seseorang seharusnya mencerminkan Personal Brand mereka, karena hal tersebut menggambarkan prinsip yang mereka pegang teguh dalam kehidupan, baik secara personal maupun profesional. Namun tidak jarang, hal ini hanya dipandang sebelah mata, sama seperti pernyataan visi misi di berbagai perusahaan yang terpajang manis di pigura namun tidak ada wujud nyata dalam pengaplikasiannya.

Memiliki work value yang jelas dan datang dari pemikiran yang matang, adalah langkah awal dalam membangun Personal Brand seorang profesional. Untuk itu, cobalah untuk berbicara dengan jujur terlebih dahulu dengan diri sendiri, Brand seperti apa yang ingin kamu tampilkan sebagai seorang pribadi maupun professional? Dari situ, kamu baru dapat mendefinisikan, value-value apa yang akan mendukung Personal Brand tersebut.

Let me give you an example.

Di pekerjaan, saya memimpin divisi Corporate Branding, Marketing & Communication. Untuk itu, the brand yang ingin saya bangun untuk team saya adalah : the driver engine for company initiatives, behind a strong industry and consumer understanding that leads to robust plan and strategy as well as breakthrough execution. Untuk itu, inilah Team Values yang kami miliki, we call it “SHARP” :

S              peed

Get the job done immediately – no procrastination

 

H             appy

Enjoying what we do and have fun doing it!

 

A             ccountable

Highly responsible for every action and act like the business owner

 

R             eliable

Be the best in what we do to be the trusted and dependable Marketing source

 

P             assionate

Have purpose in life, dream high and let the burning spirit be contagious!!

Salah satu contoh foto team yang menunjukkan value ‘H’ – we love having fun while contributing to the company

 

Criteria of Values

Mendefinisikan value pribadi memang gampang-gampang susah. Kesalahan umum yang paling sering terjadi adalah mencoba untuk menulis segala hal yang terdengar positif, dari berbagai sumber – namun tanpa sadar, semua itu sebenarnya sama sekali tidak mencerminkan siapa diri kamu yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa kriteria dalam menentukan value pribadi.. Perhatikan bahwa kata-kata YOU selalu tertulis dengan huruf kapital, untuk menekankan betapa pentingnya memastikan bahwa value yang kamu pilih memang benar-benar menggambarkan diri kamu, dan bukannya sekedar copy paste dari orang lain.

  1. YOUR value should be meaningful to YOU
  2. YOUR value should make YOU feel inspired
  3. YOUR value should be actionable to be applied by YOU on daily basis
  4. YOUR value should be timelessly relevant for YOU

So ladies, are you ready to create your own values now??

Wait for my CAREER TIPS #5 in the next article…
Poke me at my twitter: @v1bey

About Caring Lova


Artikel CAREER TIPS #4 – Have Work Values as Your Principles

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>