Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cari Kerja Lewat Twitter

By Caring Lova on June 30, 2011

Twitter merupakan alat ampuh untuk cari kerja. Dengan 140 karakter kamu bisa menelusur informasi pekerjaan dari perusahaan atau lembaga perekrut profesional (recruiter/head hunter). Bahkan kamu bisa menjalin komunikasi intens dengan perusahaan/lembaga yang menjadi target kamu dalam mencari pekerjaan. Nggak percaya? Berikut beberapa tips nya.

Use Hashtag

Hashtag (menggunakan tanda pagar “#”) adalah tools untuk menandai suatu topik tertentu di Twitter. Dengan menggunakan hashtag kamu bisa mencari informasi pekerjaan dan menelusuri perusahaan atau recruiter yang sedang mencari kandidat untuk posisi-posisi yang mereka tawarkan. Hashtag yang umum dipakai untuk menelusuri lowongan ini bisa macam-macam. Misalnya #job, #jobsearch, #lowongan, #carikerja, dan lain-lain.

Follow Targeted Companies

Sekarang ini banyak sekali perusahaan di Indonesia yang mulai membuka akun Twitter dan mempromosikan diri di jagad Twitterland. Jika kamu punya target perusahaan yang hendak kamu masuki, dan kamu ingin tahu banyak perusahaan tersebut, maka Twitter adalah tools yang paling tepat kamu gunakan. Kamu tinggal follow saja perusahaan tersebut. Kini mulai banyak perusahaan yang mengumumkan posisi-posisi pekerjaan yang hendak dicari melalui Twitter. Tapi kalaupun tidak, kamu bisa menanyakan posisi tersebut melalui Twitter.

Follow Recruiter

Banyak sekali perusahaan perekrut (recruit) yang beroperasi di Indonesia seperti JobsDB (@JobsDBIndonesia, karir.com (@karirdotcom), atau Indonesia Job Search (@IJSdotcom). Untuk bisa terus update terhadap informasi lowongan pekerjaan yang mereka tawarkan, kamu cukup follow perusahaan-perusahaan recruiter tersebut. Di samping memberikan informasi lowongan pekerjaan, mereka umumnya memberikan tips-tips mencari lowongan pekerjaan yang akan memperkaya pengetahuan kamu dalam memburu pekerjaan.

Sebelum hadirnya Twitter, upaya kita untuk mencari lowongan diperoleh melalui orang-orang yang kita kenal atau berburu di kolom-kolom lowongan pekerjaan di koran. Kini dengan hadirnya Twitter, lowongan pekerjaan itu “datang” ke kita dengan cukup mem-follow perusahaan target atau perusahaan recruiter. Dengan begitu luasnya informasi lowongan yang kita peroleh, maka kemungkinan kita mendapatkan pekerjaan yang kita idamkan akan menjadi lebih besar.

About Caring Lova


Artikel Cari Kerja Lewat Twitter

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>