Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Efektif Selama Jam Kerja

By on January 31, 2013
Efektif Selama Jam Kerja

Ayo ngaku siapa yang jam sembilan pagi masih nongkrong di kantin sambil ngunyah bubur? Atau datang jam setengah delapan di kantor tapi malah langsung buka situs gosip? Waktu kerja yang terbuang biasanya juga muncul saat makan siang. Bukannya patuh dengan jadwal istirahat sampai jam 1 siang, banyak para pegawai malah belanja sampai jam 2 di mall sebelah kantor. Padahal efektif selama jam kerja akan membantu kamu bisa pulang tepat waktu. Kalau kamu tidak efektif selama jam kerja, wajar saja sering mengeluh  nggak pernah lihat matahari tenggelam saat pulang kantor karena tumpukan kerjaan yang belum selesai.

Baca juga : Suka dan Duka Menjadi PNS

Catatan pekerjaan. Pastikan kamu membuat mencatat atau merekam semua ide, percakapan bisnis dan berbagai aktivitas yang menyangkut pekerjaan selama satu minggu. Ini akan membantu kamu memahami seberapa banyak yang bisa kamu lakukan dalam satu hari. Selain itu, catatan pekerjaan bisa membantu kamu menentukan skala prioritas pekerjaan. Nggak cuma itu, nantinya kamu akan mengetahui seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk melakuan pekerjaan penting tersebut. Dan tentunya, seberapa lama anda melakukan hal ‘tidak penting’ seperti belanja saat makan siang atau ngobrol dengan rekan sekantor tentang hal pribadi.

Buatlah to-do-list yang terperinci. Segala aktivitas atau meeting bisnis yang penting, harus memiliki estimasi waktu yang jelas. Jangan sampai kamu membuang waktu begitu banyak hanya untuk mendengar ‘curhatan’ klien padahal ada report yang harus segera kamu kerjakan. Komunikasikan durasi masing-masing aktivitas tersebut ke rekan kerja supaya mereka juga paham skala prioritas yang kamu miliki.  Yang nggak kalah penting, cobalah untuk disiplin dan berpegang teguh pada jadwal yang dibuat.

Sisihkan 30 menit setiap mengawali hari. Tiga puluh menit ini bisa kamu manfaatkan untuk merencanakan apa saja yang harus kamu lakukan hari itu. Jangan pernah memulai pekerjaan kecuali kamu sudah membuat time plan yang jelas. Ingat ya, waktu yang paling penting adalah saat kamu membuat schedule time.

Manfaatkan waktu 5 menit untuk berpikir. Gunakan waktu lima menit sebelum kamu menelepon rekan bisnis atau melakukan suatu pekerjaan, untuk memutuskan hasil seperti apa yang kamu inginan. Ini membantu kamu memiliki gambaran yang jelas tentang ‘kesuksesan’ yang diraih, bahkan sebelum kamu memulai. Aura positif tersebut membantu kamu untuk mengurangi rasa grogi atau ketakukan atas kegagalan. Nggak cuma itu, waktu lima menit juga bisa digunakan untuk berpikir tentang langkah selanjutnya kalau kamu gagal.

Fokus. Hindari kebiasaan untuk menjawab panggilan setiap kali handphone berbunyi atau membalas email yang baru masuk. Jangan pula mengaktifkan yahoo messenger atau aplikasi pesan singkat lainnya. Kamu harus mampu fokus dengan prioritas pekerjaan dan jangan mudah terganggu dengan komunikasi dari pihak lain, kecuali hal tersebut memang benar-benar penting. Kalau mau, kamu juga bisa menentukan jadwal kapan harus mengecek email atau menjawab panggilan. Yang nggak kalah penting, jangan gunakan Facebook atau jejaring sosial saat jam kerja kecuali itu salah satu alat kerja kamu.

About Ellyzar Zachra


Artikel Efektif Selama Jam Kerja

One Comment

  1. Pingback: Menghindari Gosip Kantor - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>