Wanita Indonesia

wanita-indonesia

First Impression dalam Wawancara Kerja

By Caring Lova on May 19, 2011

Kesan awal (first impression) merupakan sesuatu yang sangat krusial menentukan kesuksesan kamu lolos dalam sebuah wawancara kerja. Kemampuan kamu membangun first impression yang mengesankan di menit-menit awal akan membentuk “moment of truth” yang menentukan kemulusan proses wawancara kamu di sisa menit berikutnya. First impression merupakan modal awal yang harus kamu ciptakan dan persiapkan sebaik mungkin sebelum kamu datang ke wawancara kerja.

Riset menunjukkan bahwa first impression paling menentukan terjadi pada 12 menit pertama dari sebuah wawancara kerja. Karena itu di 12 menit awal ini, kamu harus menunjukkan entusiasme, kepercayaan diri, dan energi positif yang bisa meyakinkan si pewawancara mengenai kualitas personal yang kamu miliki.

Tak hanya itu, kamu juga harus piawai menjawab pertanyaan-pertanyaan awal yang biasa diajukan di 12 menit awal dari proses wawancara. Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara di awal-awal proses wawancara kerja. Bagaimana kamu harus menjawab dan merespons lima pertanyaan awal yang menentukan first impression dan kesuksesan wawancara kerja kamu? Ikuti tips-nya.

#1. Bisa dijelaskan sedikit mengenai diri Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus menguraikan secara jelas dan lugas mengenai apa tujuan profesional (professional goals) kamu dan arah jenjang karir yang akan kamu tuju. Kamu juga harus mampu meyakinkan dia mengenai minat besarmu terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan. Dan yang penting, arah jawabanmu haruslah mengerucut pada satu kesimpulan bahwa kamulah orang yang paling tepat menduduki posisi yang ditawarkan tersebut.

#2. Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan ini? Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus mempersiapkan diri dengan melakukan survei kecil mengenai perusahaan yang mau kamu masuki. Deskripsikan kemampuan dan ketrampilan yang kamu miliki, dan uraikan kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk mendorong kesuksesan perusahaan.

#3. Kenapa Anda mau bekerja di sini? Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus menguraikan latar belakang ketertarikan kamu pada perusahaan: bisa karena budaya perusahaannya, sejarah kesuksesannya, atau karena reputasinya yang bagus. Apapun jawaban yang diberikan, kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu tahu betul prioritas dan tujuan dari perusahaan tersebut.

#4. Kenapa Anda meninggalkan posisi yang dipegang saat ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, arahkan jawaban kamu dalam konteks positif yaitu mencari peluang yang lebih baik. Misalnya, posisi karir yang kamu cari di perusahaan ini menawarkan kemajuan karir yang lebih prospektif. Hindari mendeskreditkan atau menjelek-jelekkan tempat kerja lama.

#5. Apa capaian profesional tertinggi yang kamu peroleh? Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus menyebutkan capaian-capaian yang telah dihasilkan sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Yakinkan si pewawancara bahwa kamu adalah tipe orang achiever dan selalu berorientasi hasil (result-oriented) dalam melakukan pekerjaan.

About Caring Lova


Artikel First Impression dalam Wawancara Kerja

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>