Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Kesalahan dalam Resume CV

By Caring Lova on June 2, 2011

Dear Caringlova, tahun 2010, Accountemps melakukan sebuah survei. Hasilnya, 28% bos-bos perusahaan menyatakan bahwa  para pencari kerja seringkali melakukan kesalahan membuat resume CV dalam proses aplikasi. Apa saja kesalahan tersebut?

Dari situs fins.com, berikut adalah hal-hal yang sebisa mungkin dihindari:

Detail yang tak perlu. Ada informasi personal yang harus tersedia dalam resume: nama lengkap, alamat, email, nomor telepon. Di luar itu, simpan saja. Kalau perusahaan yang mau merekrut ingin mengetahui lebih lanjut, barulah diceritakan.

Informasi yang tak berkaitan dengan tujuan pekerjaan. Tak perlu memasukkan informasi yang tidak menambah apapun terhadap pekerjaan yang dituju. Termasuk hobi atau pekerjaan masa lampau yang tak relevan dengan posisi yang diincar.

Ekspektasi gaji. Boleh-boleh saja mencantumkan gaji yang diharapkan bila itu diminta oleh perusahaan. Namun, sebaiknya ini disimpan saja dan disampaikan saat ditanya. Kalau bisa, informasi ini ditahan hingga tahap proses wawancara final.

Informasi “Confidential”. Jangan sekali-sekali mencantumkan sesuatu yang tergolong rahasia, misalnya klien yang pernah ditangani, yang menurut perjanjian harus dirahasikan. Kecuali memang tidak ada peraturan yang mengikat, hal seperti itu wajib dihindari. Perusahaan yang ingin dilamar akan melihat Anda sebagai orang yang “ember” dan tidak bisa dipercaya.

Referensi yang tak perlu. Kadang kita perlu mencantumkan referensi untuk menunjukkan siapa kita. Itu bisa saja positif, tapi juga negatif: menunjukkan ketidakpercayaan diri. Biarkan informasi ini sampai perusahaan meminta dan ingin menghubungi langsung.

Pernyataan berlebihan. Pengalaman masa kerja sebelumnya sangat berguna untuk menambah nilai. Tapi hati-hati, jangan gunakan kata-kata yang berlebihan, apalagi kalau pengalaman kita sebenarnya masih minim. Misalnya, “Memimpin proyek A dengan sangat-sangat memuaskan”.  Jangan mendramatisasi! Dengan demikian perusahaan akan mendapat gambaran apa sesungguhnya yang telah Anda kerjakan.

Dusta. Wow, jangan pernah deh mencatumkan apa yang tidak pernah kita lakukan atau miliki sebelumnya. Entah itu gelar palsu, juga pengalaman kerja palsu. Salah-salah, niat cari kerja malah berlabuh di jeruji besi. Jadi, bersikap jujurlah. Percaya, rejeki tak lari ke mana.

(picture: courtesy fins.com)

About Caring Lova


Artikel Kesalahan dalam Resume CV

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>