Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Menangani Kesalahan di Tempat Kerja

By Caring Lova on August 20, 2011

CaringLova, di dunia ini tak ada yang sempurna. Setiap orang membuat kesalahan. Kita pun demikian. Karena tak sempurnanya manusia, bukankah ada pepatah: “Tak ada gading yang tak retak”?

Demikian pula dalam pekerjaan. Ada kalanya kita membuat kesalahan tanpa disengaja. Memang itu manusiawi. Tapi, besar ataupun kecil kesalahan itu, perasaan kita tetap tidak enak, bukan? Apalagi kalau kesalahan itu membuat bos bersungut-sungut karena dampaknya cukup mempengaruhi perusahaan.

Lantas, bagaimana memperbaikinya? Bagaimana tindakan kita agar karir bisa diselamatkan?

Berikut tips yang bisa jadi pegangan:

Keep cool: Tetap tenang, jangan panik. Reaksi panic hanya akan memperburuk keadaan, membuat kita tak bisa menimbang keadaan dengan cermat.

Bilang pada bos: Cepat bilang ke bos tentang kesalahan yang kita perbuat. Kecuali kita bisa mengatasi saat itu juga dan kesalahan itu sendiri tak mempengaruhi pihak lain, secepatnya kita ceritakan situasi yang sesungguhnya. Jangan sembunyikan kesalahan sebelum orang lain menciumnya.

Jangan salahkan orang lain: Kesalahan itu sepenuhnya karena tindakan kita, akui dengan jantan. Mencari kambing hitam hanya akan memperburuk keadaan.

Minta maaf, tapi jangan merutuki diri: Ada perbedaan antara mengakui kesalahan dan merutuki diri. Jangan menyalah-nyalahkan diri di depan umum. Cukup di depan bos saja. Setelah itu, ambil tanggung jawab.

Beberkan rencana perbaikan: Menceritakan kesalahan yang kita munculkan, mengakui kesalahan, dan mengambil tanggung jawab adalah tindakan terpuji. Tapi jangan datang ke bos hanya menceritakan kesalahan tanpa solusi. Berikan jawaban atas permasalahan yang muncul.

Jangan ulangi lagi: Tunjukkan bahwa kita belajar dari kesalahan yang kita perbuat. Jangan ulangi lagi kesalahan yang sama.

Itulah tips yang mengena untuk dipraktikkan ketika kita ingin menangani kesalahan yang kita perbuat.

About Caring Lova


Artikel Menangani Kesalahan di Tempat Kerja

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>