Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Ngeblog untuk Mendongkrak Karir

By Caring Lova on June 30, 2011

Ngeblog adalah cara cerdas untuk “menjual diri” dan mendongkrak karirmu. Apakah kamu berkarir di bidang public relation, salesman, marketing, sekretaris, akunting, human resources, apapun, ngeblog bisa memberi manfaat untuk memuluskan karir kamu. Berikut ini adalah alasan-alasannya.

Build Expertise

Ngebloglah di bidang-bidang yang menjadi expertise kamu. Dengan begitu kamu akan fokus menekuni bidang expertise itu secara mendalam dan konsisten dari waktu ke waktu. Dengan menulis artikel-artikel yang terkait dengan bidang yang kamu geluti sebulan, setahun, bertahun-tahun, maka secara tak sadar kamu telah mendalami bidang expertise mu secara mendalam. Katakan selama kamu rutin menghasilkan satu tulisan seminggu, maka dalam waktu 3 tahun kamu telah menghasilkan sekitar 160 tulisan. Dengan tulisan sebanyak itu, secara natural kamu telah belajar serius dan akhirnya menjadi ekspert di bidang yang kamu tekuni.

Build Authority

Begitu  kamu terbentuk, maka kamu akan memiliki otoritas (authority) di bidang tersebut. Kamu akan “didengar” oleh orang-orang yang menggeluti bidang tersebut.  Tak hanya itu, mungkin orang akan bertanya kepadamu untuk minta pendapat mengenai berbagai hal menyangkut bidang expertise tersebut.  Kalau kamu menggeluti bidang professional services seperti trainer, akuntan, arsitek, konsultan atau dokter, otoritas bisa menjadi “magnet” untuk penarik konsumen. Jika kamu adalah profesional di perusahaan, otoritas bisa menarik bos atau perusahaan yang akan mempekerjakanmu.

Build Personal Brand

Personal brand bagi seorang profesional tak lain adalah ketrampilan yang dikuasai, nilai-nilai unggul yang ia praktekkan, dan expertise yang dipunyai. Setiap profesional memiliki personal brand. Secara tradisional, personal brand dibentuk melalui interaksi kamu dengan rekan kerja atau konsumen. Ini tentu saja membatasi exposure dari personal brand kamu dalam menjangkau target audience (potential employers, clients, hire managers, dll.). Dengan ngeblog maka exposure dan jangkauan “pemasaran” personal brand kamu akan lebih luas, tak hanya seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Ngeblog memberimu kesempatan untuk menunjukkan personal brand kamu ke target audience yang lebih luas.

Easy to Market Yourself

Ketika kamu ngeblog, maka upaya untuk mempromosikan ketrampilan, kapasitas, dan expertise kamu ke target audience menjadi demikian mudah. Kamu bisa menarik pihak-pihak yang hendak kamu ajak berinteraksi (ber-networking, berdiskusi, berbagi pengetahuan, berkolaborasi, dll.) melalui blog kamu. Seluruh upaya untuk “memasarkan” dirimu bisa dengan mudah kamu lakukan melalui blog tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Ngeblog, yuk!

About Caring Lova


Artikel Ngeblog untuk Mendongkrak Karir

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>