Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Persiapan Melanjutkan Pendidikan S2

By on January 28, 2013
Persiapan Melanjutkan S2

Di era modern seperti sekarang, banyak orang memandang tingkat pendidikan nggak hanya menunjukan kecerdasan tapi juga pride.  Nggak cuma itu, semakin tinggi tingkat pendidikannya, seseoran dianggap bisa menghadapi suatu masalah dengan lebih baik. Pendidikan yang tinggi juga mendukung kinerja profesionalitas seseorang loh!  Nggak heran, banyak orang yang berlomba meraih pendidikan setinggi mungkin. Kalau kamu juga berencana melanjutkan pendidikanmu ada baiknya kamu melakukan persiapan melanjutkan pendidikan S2 dengan lebih matang.

Baca juga : Mengevaluasi Tawaran Kerja

  • Pemilihan Kampus. Selain menentukan ilmu pendidikan yang kamu mau, selektif memilih universitas yang membimbing kita selama 2 tahun juga penting. Memang, banyak pihak yang menganggap universitas negeri masih menjadi pilihan favorite. Tapi, banyak juga kok univesitas swasta yang berkualitas.  Pertama, carilah informasi tentang akreditasi beberapa universitas yang kamu inginkan. Setelah itu, perhatikan paket perkuliahan yang mereka punya. Sudah sesuaikah dengan topik yang kamu inginkan? Yang  nggak kalah penting, perhatikan juga siapa saja yang menjadi dosen-dosen kamu nanti. Sebaiknya kamu rajin bertanya ke pihak-pihak yang sudah kuliah di tempat itu sebagai bahan pertimbangan. Rajin juga browsing di internet dan ikuti beberapa forum online yang membahas tentang universitas tersebut.
  • Sumber pembiayaan. Selain kualitas kampus, biaya pendidikan menjadi hal utama yang harus kamu perhatikan. Sebagian besar universitas memberikan rincian ‘paket’ keseluruhan selama kuliah. Besaran biaya pun bervariasi dengan kisaran Rp 40 juta hingga Rp 100 juta per 4 semester. Semua biaya itu biasanya sudah termasuk dengan ‘uang muka’ perkuliahan. Untuk kamu yang belum mampu membiayai sendiri secara keseluruhan, beasiswa bisa jadi pilihan. Beberapa kedutaan besar atau instansi pemerintahan menawarkan beasiswa ke masyarakat umum. Biasanya, informasi beasiswa ‘menjamur’ di bulan Februari sampai April.  Selain itu, beberapa universitas juga memberikan sejumlah beasiswa kepada pihak yang berprestasi. Tidak ada salahnya kamu mencoba mendaftar beasiswa kan? Selain beasiswa, pembiayaan kuliah juga bisa diperoleh dari perusahaan tempat kita bekerja loh! Apalagi kalau kamu sudah bekerja lebih dari 3 tahun dan sudah pegawai tetap. Beberapa perusahaan, mengizinkan pegawai mereka untuk melanjutkan kuliah dan memberi pinjaman untuk meneruskan pendidikan. Nantinya, gaji kita akan dikurangi beberapa persen untuk melunasi pinjaman tersebut selama beberapa waktu.
  • Jadwal Kuliah.  Kalau kamu memilih untuk kuliah sambil bekerja, jadwal kuliah kamu harus disesuaikan dengan waktu kerja. Perhatikan jarak tempuh dari kantor ke kampus dan berikan estimasi waktu macet, khususnya bagi kamu yang tinggal di Jakarta. Selain itu, pertimbangkan juga berbagai tugas kuliah yang akan kamu hadapi nanti dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Kalau perlu kamu bisa membuat timeline hidup setiap harinya dengan detil. Jangan sampai, supervisor kantor menegu kamu karena tugas di kantor berantakan gara-gara kamu tidak mampu membagi waktu antara pekerjaan dan perkuliahan.

About Ellyzar Zachra


Artikel Persiapan Melanjutkan Pendidikan S2

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>