Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Takut Kuliah Karena Kerja? No Way!

By Caring Lova on December 12, 2011

*StefieKurniadi

Buat kita semua yang sudah bekerja, seringkali merasa ada hambatan untuk punya cita-cita meneruskan kuliah ke jenjang berikutnya. Sebenarnya hal ini pernah menghantui saya beberapa tahun lalu. Tapi karena sudah punya niat ke sana, saya pun mencoba memperjuangkannya. Hasilnya?Ternyata bisa!

 

Saat ini saya sedang menyusun makalah akhir untuk Magister Manajemen. Apakah kesulitan dan keteteran membagi waktu? Tentu saja! Bagaimana tidak, pekerjaan kantor menuntut prioritas, tugas kuliah dan dosen juga menuntut prioritas , apalagi buat Anda yang sudah berkeluarga, bisaterbayang. Jadi, mana yang harus diprioritaskan menjadi pekerjaan besar dalam membagi waktu kala kita menjalani semuanya.

 

Namun, satu pesan dari saya adalahini: jangan pernah menyerah dan memutuskan untuk mengubur mimpi kuliah lagi hanya karena Anda bekerja atau berkeluarga!Dan berikut adalah tips spesial bagi Anda yang berencana atau sedang menjalani kuliah sambil bekerja:

 

Ambil jurusan yang sesuai passion

Jika Anda belum menjalani kuliah sambil bekerja, saya beritahukan saja ya.. hal tersebut tidaklahmudah. Karenaitu, pastikan Anda mengambil jurusan yang memang sesuai minat sehingga saat menjalaninya, Anda menikmatinya.

 

Jalinlah persahabatan dengan banyak teman

Walaupun Anda super sibuk kuliah dan kerja, jangan sampai di kampus Anda tidak memiliki teman atau sahabat. Karena teman-teman satu perjuangan inilah yang akan membantu Anda melewati berbagai kesulitan, baik untuk curhat ataupun menyelesaikan tugas-tugas.Juga, tentu saja dengan berkenalan membuat networking Anda semakin luas dan bisa saja banyak peluang yang terbuka untuk mendukung karir Anda di masa depan.

 

Lingkungan kerja Anda perlu tahu

Hak perusahaan atau atasan Anda untuk mengetahui bahwa karyawannya sedang menempuh sekolah lagi. Mintalah dukungan dari lingkungan kerja Anda sehingga pada saat Anda menjalani hari-hari yang padat, mereka memahami dan bisa memberikan bantuan, bukan malah mengajak Anda jalan-jalan dan bolos.

 

Tetapkan prioritas

Selama saya menempuh kuliah sambil bekerja, saat ini saya menemukan berbagai prioritas yang ada dari setiap rekan-rekan saya di angkatan kami. Saya dan beberapa orang teman adalah mereka yang memprioritaskan pekerjaan sebagai yang utama, maka apabila terjadi suatu bentrokan kepentingan (dan sering sekali terjadi) tentu Anda harus memilih yang mana yang menjadi prioritas. Dan saat Anda memprioritaskan pekerjaan, maka sudah sewajarnya berbagai hal yang berhubungan dengan kuliah harus disisihkansejenak. Namun tidak sedikit juga dari rekan-rekan saya yang memprioritaskan kuliah. Sebagian dari mereka bahkan mengundurkan diri dari tempat bekerja agar fokus kuliah atau menyelesaikan tugas akhir. Hal ini tentu sah-sah saja, karena pilihan ada di tangan Anda.Akan tetapi satu hal penting: tetapkan prioritas saat Anda akan mulai mengambil kuliah, sehingga saat konflik bentrokan prioritas tersebut terjadi, Anda sudah tahu harus memilih yang mana!

 

Jangan menyerah!

Kondisi yang sulit pasti akan terjadi: lelah setelah selesai dengan berbagai urusan pekerjaan yang padat sementaraharus tetap mengikuti kelas, mengerjakan tugas atau bahkan ujian. Namun ingatlah selalu tujuan akhir Anda.Jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan. Jalanilah yang terbaik yang Anda bisa karena yakinlah bahwa Anda mampu!

 

Jadi?

Ya, sudah ada gambaran kan sekarang apa yang akan Anda hadapi saat mengambil keputusan bahwa Anda akan meneruskan kuliah sambil bekerja? Saya yakin Anda bisa! Dan jangan pernah berhenti untuk belajar. Selamat kuliahlagi.

 

About Caring Lova


Artikel Takut Kuliah Karena Kerja? No Way!

One Comment

  1. Ratna

    29 January 2012 at 22:05

    Setuju Stef, kadang-kadang benturan prioritas itu bikin pusing. Aku juga lagi selesaikan tesis, tinggal ujian tesis. Kadang harus mengalahkan diri sendiri, buat tugas kampus, ngurus kerjaan kantor, ngurus kerjaan rumah (karena aku ga pakai PRT), menemani anak dan suami..mabok. Alhamdulillah, kelar juga. Eh, jadi pengen ambil S-3 setelah ini :) tetap semangat kawan!

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>