Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tetap Fit Meski Sibuk

By Caring Lova on April 4, 2011

Asyik bekerja, pada banyak wanita karir seringkali membuat mereka lupa pentingnya pola hidup yang sehat. Kesibukan, tantangan, tekanan, tuntutan, kerap membuat wanita karir menempatkan kesehatan bukan prioritas utama. Jangankan berolah raga, makan pun sering terabaikan saking sibuknya.

Tentu saja itu bukan pola yang baik. Meski sibuk, kita harus tetap fit. Dan untuk meraihnya, tidak susah kok. Coba deh tip berikut:

1. Sarapan dan makan tepat waktu

Sebelum berangkat kerja, selalulah sarapan. Jangan pernah terlewat! Dengan sarapan pagi, tubuh jadi sehat, pikiran pun bisa segar sehingga mampu konsentrasi di kantor. Begitu pula saat makan siang dan malam: jangan terlambat bila tak mau kena maag. Berilah tubuh makanan bergizi dan seimbang, juga pada waktunya.

2. Jangan malas, aktiflah bergerak!

Sesibuk apapun, kita harus meluangkan waktu untuk berolah raga. Bahkan saat asyik duduk di depan komputer pun, jangan malas untuk bangun sejenak, menggerakkan tangan, kaki serta kepala. Walau bergerak singkat, aktivitas ini bisa menjaga tubuh tidak kelelahan dan kaku. Apalagi kalau jalan keluar kantor, meski sejenak, tubuh bisa mendapat sinar matahari.

3. Pencahayaan yang tepat

Ruang kerja yang redup atau terlalu terang bisa mengganggu mata. Bahkan lebih jauh juga dapat merusak semangat kerja serta kreativitas. Pilihlah pencahayaan yang tepat. Dan dengan semangat go green, alangkah baiknya memilih pencahayaan alami bila itu dimungkinkan.

4. Kursi yang ergonomis

Untuk sehat tak perlu kursi mewah. Cari yang ergonomis, yang bisa diatur kemiringan sandaran serta ketinggiannya. Tapi, posisi duduk juga harus benar. Bukan cerita baru, orang menderita back-pain karena posisi duduknya salah. Sakit punggung yang bukan cuma diderita saat masih aktif, tapi datang setelah pension.

5. Camilan sehat

Makan camilan akan menambah energi, menghilangkan kantuk dan kepenatan. Tapi, pilihlah camilan sehat, bukan junk food.

6. Air putih selalu

Selama bekerja, kalau bisa minumlah minimal 4 gelas (1 liter) air putih. Kopi, teh, boleh saja diminum. Tapi minumlah selalu air putih. Dengan minum air putih, selain mengganti cairan tubuh, juga melancarkan metabolisme. Tapi 4 gelas hanyalah di tempat kerja. Para dokter menyarankan kita mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Tips di atas tidak sulit dilakukan bukan? Percayalah: kita sehat, kita produktif.

About Caring Lova


Artikel Tetap Fit Meski Sibuk

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>