Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Mencari Pekerjaan dengan LinkedIn

By Caring Lova on December 16, 2010

Anda lagi butuh cari kerja? Cara termudah dan kini kian populer adalah melalui jejaring sosial, salah satunya adalah melalui LinkedIn. Jejaring sosial yang fokus mengoneksikan para profesional di 140 industri ini kini beranggotakan puluhan juta member tersebar di lima benua. Itu artinya kita bisa membangun jejaring profesional di berbagai belahan bumi dengan mudah, murah, dan powerful. Berikut ini adalah tips-tips bagaimana membangun jaringan dan mencari pekerjaan dengan LinkedIn.

Tips Mencari Pekerjaan

#1. Get the word out.

Katakanlah dengan clear kepada jejaring Anda bahwa Anda sedang mencari posisi baru yang Anda idamkan dan sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki. LinkedIn memiliki fitur “Status Updates” yang memungkinkan Anda untuk “woro-woro” bahwa Anda sedang mencari posisi dan pekerjaan baru. Ingat, status updates Anda di LinkedIn akan memicu network effect dan viral yang menjadikan Anda begitu mudah mencari pekerjaan yang Anda idamkan.

#2. Get LinkedIn recommendations from your colleagues.

Tips mencari pekerjaan dengan linkedin yang kedua yakni meminta rekomendasi dari rekan jejaring Anda. Rekomendasi dari rekan jejaring Anda akan memberikan kekuatan luar biasa yang memberikan exposure mengenai keahlian dan “daya saing” Anda. Rekomendasi ini menjadi benar-benar berguna jika Anda terkena pemutusan hubungan kerja.

#3. Find out where people with your backgrounds are working.

LinkedIn akan memudahkan Anda mencari perusahaan-perusahaan di seluruh dunia yang mempekerjakan orang-orang yang memilki kualifikasi dan kompetensi seperti Anda. Contohnya, jika Anda adalah web developer, maka dengan gampang Anda bisa mencari profil profesional seperti Anda dengan mengetikkan kata kunci yang related dengan ekspertis Anda. Dari situ Anda akan tahu perusahaan-perusahaan mana saja yang mempekerjakan mereka.

#4. Find out where people at a company came from.

Tips mencari pekerjaan dengan linkedin yang keempat yakni dengan memberikan informasi jenjang karir. LinkedIn memiliki fitur “Company Profiles” yang memberikan informasi jenjang karir seseorang sebelum ia bekerja di suatu perusahaan. Informasi ini sangat berharga karena memberikan gambaran mengenai calon karyawan seperti apa yang diinginkan oleh sebuah perusahaan ketika perusahaan tersebut merekrut karyawan baru.

#5 Find out where people from a company go next. Fitur “Company Profiles” di LinkedIn juga memberikan informasi kepada Anda mengenai kemana seorang karyawan akan mencari pekerjaan setelah dia meninggalkan suatu perusahaan. Dengan fitur ini Anda bisa menelusuri kemana seorang karyawan pergi setelah ia meninggalkan perusahaan Anda. Dengan fitur ini Anda juga akan mengetahui perusahaan-perusahaan mana saja yang harus dihindari.

Selain tips mencari pekerjaan lewat Linkedin ini, tidak ada salahnya lho membaca artikel terkait berikut ini:

Jadi, selamat mencari pekerjaan ya! Semoga tips mencari pekerjaan ini berguna buat kamu.

About Caring Lova


Artikel Tips Mencari Pekerjaan dengan LinkedIn

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>