Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Surat Lamaran Kerja yang Disukai Perusahaan

By Caring Lova on March 25, 2013
APPLY 2

Menulis surat pekerjaan adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Surat lamaran menjadi barang penting dimana kamu akan dikenal pertama kali oleh perusahaan yang kamu lamar selain juga CV atau resume. Seperti halnya duta bagi kamu yang melamar kerja, meskipun kamu tidak hadir di sana, namun perlu ditekankan bahwa identitas dan kepribadian kamu tercermin disana.

Sebagai wakil perusahaan yang menangani masalah perekrutan, HRD nggak mungkin membaca semua surat lamaran yang masuk. Karena jumlahnya ribuan dan terbatasnya waktu, terkadang hanya surat lamaran yang menarik perhatian yang akan dibaca. Lalu seperti apakah surat lamaran seperti apa yang disukai perusahaan?

  • Sopan dan tidak aroganBahasa dalam tulisan surat lamaran kerja hendaknya kamu buat impresif. Tidak terkesan arogan dengan kata-kata yang tidak sopan. Namun harus menggunakan bahasa yang sopan, tapi juga nggak merendahkan posisi kamu. Intinya, bahasa sopan dan menonjolkan kemampuan.
  • Singkat, jelas, padat. Buatlah surat lamaran kerja yang singkat, namun menjelaskan data diri kamu, dan yang penting padat informasi. Usahakan semua yang penting dituliskan dengan singkat agar tidak banyak emmakan waktu HRD sebagai penyeleksi. Akan ada waktunya untuk mendiskripsikan kemampuan kamu saat wawancara nanti.
  • Punya nilai ‘Plus’Nilai plus disini adalah apa yang kamu miliki untuk menarik perusahaan yang kamu pilih. Semisal keterampilan, pengalaman kerja, atau pengalaman dalam event dan organisasi. Tunjukkan di surat lamaran yang kamu buat sehingga kamu mempunyai posisi tawar yang tinggi. 
  • Buatlah sesuai standar perusahaan atau sesuai kewajaran. Kamu nggak mau kan surat lamaran kerja kamu dibuang cuma gara-gara salah format dan nggak sesuai standar perusahaan. Jadi coba teliti apa yang diinginkan perusahaan. Misalnya untuk ukuran kertas, tulisan harus diketik atau tulis tangan, bahkan hingga hal sepele seperti jenis font, ukuran dan format tulisan. Ingat kamu adalah pelamar, jadi harus ikut apa yang diinginkan perusahaan yang kamu lamar.

Nah, kalau selesai membuat surat lamaran kerja, jangan lupa cek kembali. Hal ini untuk memastikan surat lamaran kamu nggak ada cacat dan kesalahan. Agar surat lamaran kamu diterima perusahaan. Semangat mencoba Caring Lova.

About Caring Lova


Artikel Surat Lamaran Kerja yang Disukai Perusahaan

One Comment

  1. Surat Kerja

    9 April 2013 at 00:14

    Contoh Surat Lamaran Kerja yang sangat bermanfaat,..semoga sukses selalu,..

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>