Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Mencari Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate

By Caring Lova on January 16, 2013
Mencari Lowongan Kerja Untuk Fresh Graduate

Sebagai mahasiswa yang baru saja lulus dari bangku perguruan tinggi, tentu kita merasa bahagia. Perjuangan selama bertahun-tahun mengenyam pendidikan lunas sudah dengan tali toga yang disilangkan dari kiri ke kanan. Namun, apa yang bisa dilakukan oleh fresh graduate? Mencari pekerjaan dengan ijazah terakhir mungkin adalah salah satu tujuan kita setelah lulus.

Mencari pekerjaan tanpa pengalaman bekerja sebelumnya tentu bukanlah hal yang mudah. Tidak jarang perusahaan menawarkan lowongan kerja dengan mencantumkan pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk mendaftar. Namun, jangan berkecil hati, banyak juga perusahaan yang mau dan mencari lulusan baru.

Baca juga : Tips Selalu Dinamis Menghadapi Perubahan

  • Kemampuan Diri. ┬áSebagai lulusan baru yang belum mepunyai pengalaman kerja sebelumnya, kita harus membekali diri dengan berbagai ilmu. Kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu yang utama. Ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan kursus bahasa internasional ini untuk memberi nilai tambah diri kita terhadap perusahaan yang dituju. Melakukan tes skor TOEFL ┬ájuga sangat baik untuk dilakukan karena banyak perusahaan yang menuntut skor TOEFL yang tinggi.
  • Hal-Hal Teknis. Selain menambah kemampuan diri, banyak juga hal-hal teknis yang harus dilakukan untuk melamar pekerjaan. Menulis curiculum vitae yang baik juga penting agar nama diri kita lebih terangkat dibandingkan dengan pelamar yang lain. Tulislah dengan ringkas namun padat dan berisi. Cantumkan berbagai pengalaman dan prestasi yang pernah kita raih, lampirkan pula sertifikat maupun piagam yang kita miliki dan dirasa menunjang.
  • Giat Mencari. Setelah itu, carilah berbagai lowongan kerja yang tersebar di berbagai media seperti internet, koran, maupun pengumuman yang ditempel, bisa juga dengan mengikuti job fair yang biasanya diselenggarakan di kampus-kampus. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan skill yang kita miliki. Misalnya, kita ahli di bidang IT pilihlah pekerjaan yang memang mebutuhkan bidang itu. Atau kita memiliki passion untuk menulis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, menjadi jurnalis bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Memilih pekerjaan sesuai dengan skill atau pasion yang kita miliki akan menunjang kita dalam hal pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan atas dasar kesenangan tidak akan pernah membuat kita bosan. Selain itu, improvisasi diri atas skill yang dimiliki juga perlu dilakukan agar kita selalu menjadi pribadi yang berkembang.

About Caring Lova


Artikel Mencari Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>