Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Cara yang Membuat Bahagia Ketika Bekerja

By Caring Lova on December 7, 2012
5 Cara yang Membuat Bahagia Ketika Bekerja1

Nggak peduli hal-hal seperti passion pada kerjaan, tingkat stress, jam kerja yang panjang dan segudang kekhawatiran yang bisa bikin kamu nggak bahagia di tempat kerja,dari hasil survey JobStreet.com terhadap 16.323 membernya menemukan fakta lebih dari 42,1 % responden mengaku nggak merasa bahagia dengan pekerjaan mereka saat ini.

“Kita menghabiskan banyak waktu ditempat kerja untuk nggak berbahagia” Kata Beth Thomas, penulis “Powered by Happy : How to Get and Stay Happy at Work” (2010), dikutip dari situs Entrepreneur.com  Bahagia di tempat kerja bukan cuma mempengaruhi suasana hati, tapi bikin produktivitas dan kinerja perusahaan jadi baik secara general.

Baca jugaMeningkatkan Self-Esteem

Gimana caranya supaya kita bahagia ketika bekerja, ini caranya :

  • Jangan menakutkan hal yang belum tentu terjadi. Banyak pikiran negatif karena kekhawatiran terhadap situasi yang mungkin nggak akan pernah terjadi. Kita sering bekerja dengan multitasking, memikirkan banyak pekerjaan sekaligus sercara terus menerus, yang bikin  tekanan berlebihan pada pikiran dan fisik. Cara terbaik untuk mengatasi pikiran negatif adalah dengan memisahkan    hal fiksi dan fakta. Kontrol pikiran dalam menghadapi pikiran negatif, analisa situasi dan tanyakan dalam hati, apakah kita menanggapinya secara nyata atau hanya ketakutan.
  • Biasakan berfikir positif. Merubah pikiran negatif menjadi positif akan bikin mood dan mindset menjadi lebih baik. Ketika sedang berfikir negatif, coba deh untuk menghentikannya dan berfikirlah tentang sudut positifnya. Lakukan ini berulang-ulang dan kita akan mendapatkan kebiasan baru yang akan membawa kebahagian nggak hanya saat bekerja tapi juga dalam keseharian.
  • Menolong rekan kerja. Jika bekerja dalam tim, bantu mereka dalam menyelesaikan perkerjaan. Amal adalah rahasia kebahagian yang hakiki. Kebahagian di tempat kerja bukan tentang yang bisa kita capai sendiri. Ini bukan tentang, “cari muka” untuk terlihat lebih baik tapi bagaimana kita mampu membuat semua tim kita tampil lebih baik.
  • Istirahat sejenak. Ketika sudah mengerahkan tenaga untuk tetap optimis, pikiran dan tubuh juga perlu diistirahatkan sejenak.  Walaupun kita menyukai pekerjaan, kesibukan dapat membuat lelah dan bikin nggak bahagia. Buatlah jadwal sepulang kerja ataupun ketika weekend untuk bersenang-senang, mengistirahatkan pikiran agar kembali Fresh saat kembali bekerja.
  • Bersyukur!! Kebahagian nggak akan datang ketika kita terlalu mengharapkan apa yang bukan milik kita, tapi mengakui dan bersyukur atas apa yang telah kita punya adalah langkah untuk mendapatkan kebahagian. 5 hal ini yang harus disyukuri sebelum kita memulai bekerja. Sebelum pulang kerja hari ini coba deh untuk melatih otak kita agar fokus kepada hal positif. Keep positive CaringLova!

 

About Caring Lova


Artikel 5 Cara yang Membuat Bahagia Ketika Bekerja

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>