Wanita Indonesia

wanita-indonesia

5 Tips to Effectively Handle Office Politics

By Caring Lova on January 10, 2011

Politik kantor (office politics) adalah sesuatu yang lumrah ada di setiap perusahaan. Di setiap perusahaan bisa dipastikan terjadi politik kantor tentu dengan derajat intensitasnya yang berbeda-beda; ada yang sangat tinggi hingga mengganggu aktivitas keseharian perusahaan, ada yang biasa-biasa saja. Bentuk-bentuk politik kantor ini bermacam-macam mulai dari gosip-gosip ketidakpuasan terhadap sebuah kebijakan perusahaan, obrolan-obrolan di kantin mengenai ketidaksukaan terhadap manajer atau direktur tertentu, hingga blok-blokan antar sesama karyawan berdasarkan kepentingan tertentu.

Biasanya, motivasi utama dari karyawan yang melibatkan dirinya dalam politik kantor adalah untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Dan menariknya, karyawan yang suka melibatkan diri dalam politik kantor ini umumnya memiliki kontribusi kecil dan bahkan menjadi trouble maker bagi perusahaan. Kehadiran politik kantor tentu saja mengganggu aktivitas kantor dan karyawan lain yang sesungguhnya tak ingin terlibat dalam urusan politik kantor tersebut.

Karena Anda tak akan mungkin terbebas dari pengaruh dan dampak politik kantor yang ada di perusahaan, maka langkah yang tepat bukanlah serta-merta menghindarinya, namun harus secara cerdas mengelolanya sehingga berdampak positif bagi Anda dan karir Anda. Berikut ini adalah tips-tips gampang untuk mengelola politik kantor yang bisa Anda jalankan.

Be a Good Observer

Anda tak boleh cuek dan nggak mau tahu urusan politik kantor, karena langsung maupun tak langsung dampaknya akan sampai kepada Anda. Pengetahuan yang baik mengenai gosip-gosip apa yang terjadi di kantor akan memungkinkan Anda menyikapinya secara lebih baik dan bijak. Karena itu, berkaitan dengan munculnya gosip-gosip di kantor, Anda haruslah menjadi pengamat yang baik. Namanya pengamat, Anda tak boleh larut dan dan terlibat lebih dalam ke gosip-gosip tersebut.

Don’t Spread

Sebagai pengamat yang baik Anda tidak boleh menyebarkan gosip-gosip merugikan yang tumbuh subur di kantor Anda. Anda harus bisa melihat secara jernih apakah gosip-gosip tersebut untuk kepentingan perusahaan atau untuk kepentingan segelintir perorangan. Anda juga harus bisa membaca skenario dan arah dari gosip-gosip tersebut dan jeli melihat mana-mana kelompok yang diuntungkan maupun dirugikan. Ingat, gosip-gosip tersebut cukup berhenti di Anda dan jangan meneruskannya ke rekan karyawan yang lain.

Don’t Take Sides. Be a Diplomat

Dalam banyak kasus, politik kantor yang terjadi berujung pada pembentukan blok-blok dan kubu-kubu kepentingan, dimana antar kubu tersebut terjadi permusuhan dan rivalitas. Hindarilah Anda memihak atau bergabung dengan salah satu kubu kepentingan. Anda harus berdiri di posisi yang netral dan tidak memihak. Anda tidak tahu mana dari kedua kubu tersebut yang akan memenangkan rivalitas dan memimpin unit atau organisasi tempat Anda bekerja. Karena itu, bermainlah aman dengan merangkul keduanya, dan cerdas berkomunikasi dengan kedua kubu. Be a good diplomat! Ingat, setiap kali Anda memihak pada satu kubu, maka saat itu juga Anda menciptakan musuh.

Act Professionally

Jagalah sikap profesional di kantor ketika politik kantor menerpa Anda. Don’t make it personal! Sikapi setiap gosip-gosip yang muncul dalam koridor profesionalisme yang proporsional. Salah satu godaan Anda masuk dalam perkubuan politik kantor adalah karena Anda menempatkannya sebagai persoalan dan isu personal. Perkubuan itu menguntungkan Anda secara personal, dan karenanya Anda larut di dalamnya.

Develop Relationships with Your Boss’s Boss

Membangun hubungan dengan kalangan manajemen puncak merupakan cara yang sangat efektif agar Anda bisa selamat dari perseteruan yang muncul akibat politik kantor. Hubungan yang baik memungkinkan kalangan manajemen puncak melihat Anda secara lebih bijak. Mereka akan mendukung jika Anda di pihak yang benar. Sebaliknya, mereka akan cenderung memaafkan jika Anda berada di pihak yang salah.

Politik kantor akan selalu ada sampai kapanpun, tanpa Anda mampu menghindarinya. Karena itu mau tak mau Anda harus mampu mengelolanya secara baik. Learn and adapt… and survive from it.

About Caring Lova


Artikel 5 Tips to Effectively Handle Office Politics

One Comment

  1. Pingback: Cara Mengungkapkan Perasaan di Kantor - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>