Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Ayo Tunjukkan Ide Brillian Kamu!

By Caring Lova on December 23, 2012
Ayo Tunjukkan Ide Brilianmu

Pepatah “diam itu emas” tanpa sadar sering disalahgunakan saat meeting. Apalagi untuk pegawai yang masih baru di kantor. Padahal meeting adalah kesempatan untuk kamu tunjukkan ide brilian kamu.

Adaptasi menjadi dalih mengapa pegawai baru lebih banyak mengunci mulutnya. Sering kali seseorang merasa takut disalahkan atau bahkan takut dijadikan lelucon kalau mengeluarkan pendapatnya di depan forum. Itu yang menyebabkan ide hanya mandek di pikiran saja. Apa kamu termasuk yang seperti itu?

Kalau iya, sebaiknya kamu mulai mengubah kebiasaan itu. Nggak ada salahnya kamu coba speak up, siapa tahu bos kamu malah angkat jempol untuk ide kamu.

Nah, agar kamu bisa ‘menjual’ ide dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Bangun reputasi yang baik. Untuk membuat orang yakin dengan kemampuan kamu, ada baiknya dimulai dengan menata pekerjaanmu sendiri. Selesaikan semua pekerjaan yang diminta oleh atasan dengan baik, kalau bisa lampaui ekspektasi mereka. Dengan begitu, reputasi kamu sebagai pegawai profesional yang bertanggung jawab dan loyal pada perusahaan akan terbentuk. Saat kamu memunculkan ide di depan atasan pun, mereka akan berpikir, “Project X saja bisa dilakukan, mungkin ini saatnya memberi kepercayaan penuh kepadanya.”

Pahami lingkup bisnis perusahaan. Tak kenal maka tak sayang. Begitu juga saat kamu ingin menyampaikan ide untuk membangun perusahaan atau menyelesaikan masalah di kantor. Sebuah ide tidak hanya harus bisa diaplikasikan tetapi juga menjangkau akar masalah kan? Usahakan ide tersebut menjawab beberapa pertanyaan seperti biaya yang diperlukan dan apakah itu mendatangkan profit lebih kepada perusahaan. Tanyalah kepada dirimu sendiri, “Seberapa menguntungkan ide ini?”

Gunakan video. Potongan gambar seringkali berbicara banyak dibandingkan rangkaian kata. Tidak ada salahnya menyantumkan video di slide presentasi kamu untuk mendukung ide yang ingin diungkapkan. Video bisa berupa hasil wawancara dengan masyarakat, eksekusi ide secara sederhana dan lain-lain. Presentasi yang out of the box juga menunjukkan bahwa kamu memahami masalah yang ada dan berkomitmen untuk mewujudkan ide tersebut. Google juga menggunakan video saat menyampaikan ide brilian mereka ke publik lho!

Bertukar pikiran dengan teman kerja. Tidak semua rekan kerja bisa dipercaya. Tapi pasti ada beberapa teman kantor kamu yang jadi sahabat kamu kan? Biasanya, mereka adalah orang-orang yang dapat bekerja sama dengan positif serta memberi input yang baik untuk pekerjaan kamu. Cobalah untuk bertukar pikiran tentang ide kamu. Tanyalah pendapat mereka serta apakah mereka mau membantu menjalankan ide ini bila disetujui untuk dilakukan. Siapa tahu, ide kamu malah akan menjadi lebih baik dan lebih ‘matang’.

Manfaatkan konsultan. Biasanya, beberapa perusahaan memanfaatkan jasa konsultan untuk membantu merek menyelesaikan sejumlah pekerjaan.  Kamu juga bisa berkonsultasi dengan mereka. Konsultan biasanya memiliki data yang lebih luas tentang kebutuhan customers. Ini bisa kamu manfaatkan juga kan?

About Caring Lova


Artikel Ayo Tunjukkan Ide Brillian Kamu!

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>